PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI MUSEUM INTERAKTIF MONUMEN KESATUAN PERGERAKAN WANITA INDONESIA DENGAN METODE MARKER - BASED

Maryadi, Ibang (2024) PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI MUSEUM INTERAKTIF MONUMEN KESATUAN PERGERAKAN WANITA INDONESIA DENGAN METODE MARKER - BASED. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (568kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3670.zip
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publish Di Luar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)

Abstract

Museum Monumen Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia di Yogyakarta berdiri sejak tahun 1983. Museum memiliki berbagai benda bersejarah dan artefak yang terkait dengan perjuangan wanita Indonesia. Museum Monumen Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia (MKPWI) telah mengalami penurunan pengunjung dalam beberapa tahun terakhir. Akibatnya, museum tersebut perlu inovasi dalam penggunaan teknologi, seperti teknologi Augmented Reality. Aplikasi yang menggunakan Augmented Reality (AR) adalah salah satu inovasi yang diharapkan akan mendorong pengunjung datang ke museum MKPWI. Aplikasi ini dibuat dengan beberapa software sepertii Unity 3D, Vuforia Engine, Android, dan Blender. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C#. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi Augmented Reality berbasis Android yang dikembangkan oleh penelitian ini dapat mempercepat penyediaan informasi kepada pengunjung museum. Aplikasi ini akan menampilkan gambar 3D dan audio (suara) penjelasan tentang setiap koleksi museum terhadap marker yang telah disediakan, serta informasi tambahan museum. Diharapkan penelitian ini akan membantu pemandu museum dan memberi pengunjung pengalaman baru tentang museum Monumen Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia. Aplikasi ARMuseum MKPWI mendapat kategori Sangat Berminat dengan nilai rata-rata UEQ yang diperoleh responden Pengunjung Museum, yaitu: daya tarik sebsar 3,558, efisien sebesar 3,764, tingkat kejelasan sebesar 3,676, ketepatan sebesar 3,647, stimulasi sebesar 3,588, dan kebaruan sebesar 3,882. Kemudian responden Pemandu Museum dengan rata-rata nilai daya tarik sebesar 3, efisien dan tingkat kejelasan sebesar 3,5, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan sebesar 4.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Subektiningsih, Subektiningsih
Uncontrolled Keywords: Museum MKPWI, Augmented Reality, Marker Based, Vuforia Engine, Unity 3D, Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:11
Last Modified: 18 Nov 2024 03:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28105

Actions (login required)

View Item View Item