Haunan, Akhmad (2024) IMPLEMENTASI DAN EVALUASI MODEL 3D TUGU PLERET MENGGUNAKAN BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (51kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (88kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2416.zip Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
Abstract
Pada era digital saat ini, penggunaan model 3D telah menjangkau dalam berbagai bidang, termasuk pada bidang arsitektur dan desain. Model 3D digunakan untuk memvisualisasikan objek nyata dalam bentuk virtual, memungkinkan pengguna untuk melihat, menginteraksi, dan menguji objek tanpa harus melihat bangunan fisik secara langsung. Salah satu objek dari banyaknya bangunan yang dapat direplikasi dalam bentuk model 3D adalah monumen atau tugu. Dalam penelitian ini, penulis mengimplementasikan dan mengevaluasi model 3D Tugu Pleret menggunakan perangkat lunak Blender, yang merupakan salah satu perangkat lunak desain 3D yang populer dan memiliki fitur lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model 3D yang akurat dan realistis dari Tugu Pleret, serta untuk mengevaluasi kualitas pengalaman pengguna menggunakan metode skala likert. Metode skala likert adalah alat pengukuran yang digunakan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna terhadap sistem atau aplikasi yang telah dibangun. Dalam penelitian ini, penulis mengadaptasi metode skala likert untuk digunakan dalam konteks evaluasi pengalaman pengguna terhadap model 3D Tugu Pleret. Responden akan diminta untuk mengisi kuesioner yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang terkait dengan aspek-aspek pengalaman pengguna, seperti kepuasan, kejelasan, dan efisiensi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kualitas model 3D Tugu Pleret yang dihasilkan menggunakan Blender. Evaluasi menggunakan metode skala likert akan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan model 3D Tugu Pleret. Untuk hasil model 3D Tugu pleret akan di bagikan agar dapat digunakan secara umum. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan lebih lanjut dalam bidang desain 3D dan memberikan panduan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna dalam bidang model 3D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Model 3D, Blender, Tugu Pleret, Metode Skala Likert | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 07:15 | ||
Last Modified: | 14 Nov 2024 07:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28053 |
Actions (login required)
View Item |