IMPLEMENTASI DAN EVALUASI MODEL 3D TUGU PLERET MENGGUNAKAN BLENDER

Haunan, Akhmad (2024) IMPLEMENTASI DAN EVALUASI MODEL 3D TUGU PLERET MENGGUNAKAN BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2416.zip
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Pada era digital saat ini, penggunaan model 3D telah menjangkau dalam berbagai bidang, termasuk pada bidang arsitektur dan desain. Model 3D digunakan untuk memvisualisasikan objek nyata dalam bentuk virtual, memungkinkan pengguna untuk melihat, menginteraksi, dan menguji objek tanpa harus melihat bangunan fisik secara langsung. Salah satu objek dari banyaknya bangunan yang dapat direplikasi dalam bentuk model 3D adalah monumen atau tugu. Dalam penelitian ini, penulis mengimplementasikan dan mengevaluasi model 3D Tugu Pleret menggunakan perangkat lunak Blender, yang merupakan salah satu perangkat lunak desain 3D yang populer dan memiliki fitur lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model 3D yang akurat dan realistis dari Tugu Pleret, serta untuk mengevaluasi kualitas pengalaman pengguna menggunakan metode skala likert. Metode skala likert adalah alat pengukuran yang digunakan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna terhadap sistem atau aplikasi yang telah dibangun. Dalam penelitian ini, penulis mengadaptasi metode skala likert untuk digunakan dalam konteks evaluasi pengalaman pengguna terhadap model 3D Tugu Pleret. Responden akan diminta untuk mengisi kuesioner yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang terkait dengan aspek-aspek pengalaman pengguna, seperti kepuasan, kejelasan, dan efisiensi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kualitas model 3D Tugu Pleret yang dihasilkan menggunakan Blender. Evaluasi menggunakan metode skala likert akan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan model 3D Tugu Pleret. Untuk hasil model 3D Tugu pleret akan di bagikan agar dapat digunakan secara umum. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan lebih lanjut dalam bidang desain 3D dan memberikan panduan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna dalam bidang model 3D.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Model 3D, Blender, Tugu Pleret, Metode Skala Likert
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:15
Last Modified: 14 Nov 2024 07:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28053

Actions (login required)

View Item View Item