Bachdar Dd, Andi (2024) {SKEMA PENGAKUAN EKSTERNAL} RANCANG BANGUN PERMAINAN "URBAN WEAPON STRIKE" SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL UNTUK SCENE COMBAT MODE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (88kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0969.zip Restricted to Repository staff only Download (2kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah permainan berjudul "Urban Weapon Strike" yang berfungsi sebagai media pengenalan senjata tradisional dalam konteks mode pertempuran. Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi game engine modern untuk menciptakan pengalaman interaktif dan edukatif bagi pemain. Fokus utama dari permainan ini adalah untuk memperkenalkan berbagai jenis senjata tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, serta cara penggunaannya dalam situasi pertempuran. Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan pengujian. Pada tahap analisis, dilakukan studi literatur dan survei untuk mengumpulkan data mengenai senjata tradisional dan preferensi pemain. Tahap desain melibatkan pembuatan skenario permainan, karakter, dan lingkungan permainan. Pengembangan dilakukan dengan pemrograman dan pembuatan aset grafis. Implementasi meliputi integrasi seluruh elemen permainan ke dalam satu kesatuan yang dapat dimainkan. Pengujian dilakukan untuk memastikan bahwa permainan berfungsi dengan baik dan memenuhi tujuan edukatifnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Urban Weapon Strike" mampu memberikan pengetahuan tentang senjata tradisional secara interaktif dan menarik. Umpan balik dari pemain menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap aspek edukatif dan hiburan dari permainan ini. Permainan ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk mengenalkan budaya tradisional Indonesia melalui teknologi modern.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Edukatif, Senjata Tradisional, Mode Pertempuran, Game Engine, Budaya Indonesia | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 03:32 | ||
Last Modified: | 14 Nov 2024 03:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28034 |
Actions (login required)
View Item |