PEMBUATAAN HUTAN BUATAN MENGGUNAKAN 3D VIRTUAL REALITY UNTUK PENGENALAN SATWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Tambunan, Ronald Ricardo (2020) PEMBUATAAN HUTAN BUATAN MENGGUNAKAN 3D VIRTUAL REALITY UNTUK PENGENALAN SATWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - 16.11.0175 - Ronald Ricardo Tambunan - Ronald Ricardo Tambunan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (240MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - 16.11.0175 - Ronald Ricardo Tambunan - Ronald Ricardo Tambunan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)

Abstract

Industri Virtual Reality memiliki perkembangan yang sangat cepat. Perkembangan VR membuat banyak hal dapat membuat segala sesuatu terlihat lebih baik. Orang-orang bahkan sekarang dapat membuat simulasi VR dengan mudah. Dengan VR kita bisa mengimajinasikan suatu tempat yang mungkin kita tidak bisa pernah temui atau pernah kita jamah namun dari hanya sebuah VR itu semua bisa menjadi realitas yang selama ini ingin diharapkan. Penggunaan VR identik dengan sebuah alat yang biasa dinamai cardboard atau VR Box yang membantu kita untuk dapat mencoba simulasi yang diberikan dari perpektif alat itu terhadap mata dan otak kita. Sehingga apa yang kita terima di mata kita itu menjadi hal realistis yang kita rasakan padahal belum tentu semua itu sifatnya nyata. 3D sekarang ini banyak di gunakan pada berbagai industri di seluruh dunia. Penggunaan 3D lebih dahulu populer dibanding pernggunaan VR. Dari kedua objek berbeda pada penelitian yang akan penulis gunakan ini, penulis ingin mengkombinasikan fungsi dari kedua subjek ini kedalam satu pengalaman. Pengalaman yang dibuat yaitu mensimulasikan suatu kondisi dimana pengguna bisa merasakan sedang berada di hutan buatan yang di dalamnya masih terdapat hewan yang mungkin jarang kita temui atau belum pernah kita temui sebelumnya dengan segala lingkungannya yang masih jauh berbeda dengan apa yang kita lihat sekarang ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, 3D, Hutan Buatan, Artificial Forest.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:06
Last Modified: 21 Aug 2023 01:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2795

Actions (login required)

View Item View Item