{SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PENERAPAN TEKNIK 5C PADA PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI PDIN YOGYAKARTA

Marzainur, Muhammad Meinash (2024) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PENERAPAN TEKNIK 5C PADA PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI PDIN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (965kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu cara dalam memberikan pesan yang memiliki nilai sosial kepada masyarakat. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan haruslah jelas dan dapat dimengerti sehingga terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pembuatan iklan layanan masyarakat. Adapun yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu penggunaan teknik sinematografi ketika dilakukannya produksi iklan layanan masyarakat. Bagi seorang Director of Photography teknik sinematografi merupakan hal yang penting untuk dipahami karena pesan yang akan disampaikan kepada audience akan memiliki arti yang berbeda-beda tergantung dari bagaimana pengambilan video tersebut dilakukan. Kajian akan dilakukan secara kulitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Adapun beberapa aspek dasar dari teknik sinematografi 5C diantaranya adalah Camera angle, Type of shot, Cutting, Continuity, Camera movement dan Composition. Hasil dari penelitian ini ialah video iklan layanan masyarakat Pelayanan HKI bagi IKM di PDIN Yogyakarta dengan menerapkan teknik sinematografi ke dalam proses pembuatannya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini ialah pentingnya untuk memahami teknik sinematografi dalam pengambilan gambar agar pesan yang dibuat dapat tersampaikan dengan baik kepada audience.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Iklan, Sinematografi, Director of Photography
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:07
Last Modified: 04 Nov 2024 04:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27784

Actions (login required)

View Item View Item