Kamaluddin, Fauzi Akbar (2024) IMPLEMENTASI ANIMASI CUT OUT PADA CUTSCENE GAME “BIMO MISADVENTURES”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (553kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - 20.60.0086.zip Restricted to Repository staff only Download (34MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) |
Abstract
Animasi cut out adalah teknik animasi yang melibatkan penggunaan bahanbahan seperti kertas, kain, foto, atau gambar digital yang sudah ada untuk membuat karakter, objek, dan latar belakang. Para seniman memotong bahan-bahan tersebut menjadi bagian-bagian terpisah, lalu mengatur dan menggerakkan bagian-bagian tersebut untuk membentuk karakter atau adegan yang diinginkan. Animasi cut out memberikan fleksibilitas dan memungkinkan animator untuk menggunakan kembali elemen-elemen yang telah ada untuk gerakan dan adegan yang berbeda. Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan sejarah dan budaya. Hanya dengan melihat sekilas berbagai destinasi wisata di Yogyakarta seperti Plengkung Gading, Alun-alun Selatan, Tamansari, Keraton, dan lain sebagainya, kita dapat merasakan betapa kentalnya aura budaya dan sejarah yang membekas di situs-situs tersebut. Game ini memiliki judul "Bimo Misadventures" yang menceritakan seorang anak yang bernama Bimo yang tertinggal bus dan harus mengejar bus tersebut untuk kembali pulang.Dalam game ini terdapat tantangan berlatar tempat di berbagai situs bersejarah di Yogyakarta dan terdapat berbagai pengetahuan yang dapat diperoleh dengan berinteraksi dengan game "Bimo Misadventures". Pada pengerjaan animasi cut out animation menggunakan Krita, Photoshop, dan After Effect. Photoshop digunakan untuk membuat illustrasi atau aset yang akan digunakan pada animasi cut out dan After Effect digunakan untuk membuat cutscene dengan menggunakan metode animasi cutout untuk cutscene game “Bimo Misadventures".
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Animasi Cut-Out, Animasi, Cutscene,Pixel Art | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:42 | ||
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27780 |
Actions (login required)
View Item |