Aminudin, Azis Dwi (2024) ANALISIS DAN PENGUJIAN USER EXPERIENCE PADA INTERFACE LANDING PAGE ABP INCUBATOR MENGGUNAKAN METODE A/B TESTING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (81kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 17.11.1611.zip Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
Abstract
Pesatnya pertumbuhan startup di Indonesia saat ini harus diimbangi dengan program pendampingan yang dikenal sebagai Inkubator. Salah satu inkubator aktif di Yogyakarta adalah ABP Incubator, di bawah naungan Universitas Amikom Yogyakarta. ABP Incubator berperan dalam menumbuhkan ekosistem startup di Yogyakarta, ABP Incubator memiliki program utama berupa inkubasi startup, yang proses pendaftarannya dilakukan melalui website. Oleh karena itu, tampilan antarmuka pengguna pada website ABP Incubator harus memiliki tingkat konversi yang tinggi. Berdasarkan survei menggunakan Google Analytics, dari 100 pengunjung situs web ABP Incubator, mendapat 37 klik pada tombol call to action "Submit Pitch", menghasilkan tingkat konversi sebesar 37%. Analisis menunjukkan bahwa tombol "Submit Pitch" kurang menonjol, sehingga banyak pengunjung mengabaikannya. Maka dari itu perlu adanya sebuah pengujian user experience pada interface website untuk meningkatkan tingkat konversi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Analisis dan Pengujian User Experience pada Interface Landing Page ABP Incubator menggunakan Metode A/B Testing untuk meningkatkan tingkat konversi. A/B testing adalah metode yang membandingkan dua versi halaman web atau aplikasi untuk menentukan mana yang berkinerja lebih baik. Langkah-langkah penyelesaian masalah melibatkan pengumpulan data dari pengunjung situs web abpincubator.com dan prototipe landing page, serta analisis perbandingan untuk menemukan versi yang lebih efektif dalam meningkatkan tingkat konversi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan desain pada tombol "Submit Pitch" dapat meningkatkan tingkat konversi. Pengujian prototype dilakukan oleh responden dan hasil pengujian prototipe mendapatkan tingkat konversi sebesar 37% varian A, 9% varian B, dan 54% untuk varian C.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | A/B Testing, Conversion Rate, User Experience, Landing Page Optimization, Inkubator Startup | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 01:22 | ||
Last Modified: | 04 Nov 2024 01:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27747 |
Actions (login required)
View Item |