Nurlily, Akbar Muhaimin (2024) RANCANG BANGUN GAME JELAJAH PAPUA INDONESIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY ENGINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (49kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.1915.zip Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital saat ini membuka peluang baru untuk memperkenalkan Papua kepada masyarakat luas. Salah satu media yang bisa digunakan adalah game. Permainan tidak hanya dapat digunakan untuk hiburan, namun juga sebagai sarana pendidikan dan pengenalan budaya. Dalam penelitian ini pengembang ingin membuat permainan yang media interakfi untuk memperkenalkan papua. Dalam permainan tersebut pemain harus membaca materi dan pahami agar dapat menyelesaikan tantangan yang sudah ditentukan. Permainan ini akan dibuat dan dikembangkan dengan mengggunakan software Unity Engine. Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan Android sebagai sistem operasi smartphonenya. Menurut data dari Statcounter Global Stat, terdapat sebanyak 87,45% pengguna smartphone di Indonesia menggunakan Android sebagai sistem operasinya (StatCounter, 2024). Tujuan dalam penelitian ini adalah membuat media interaktif berupa game berbasis android yang mengandung penyampaian informasi tentang papua di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah GDLC (Game Development Life Cycle) yang merupakan sebuah metode pengembangan game dimana terdapat beberapa tahapan. Terdapat enam tahapan diantaranya adalah initiation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Permainan yang dikembangkan, nantinya dapat digunakan untuk mempelajari budaya Papua. Melalui game yang dibangun, harapannya dapat meningkatkan apresiasi terhadap budaya Papua, guna memunculkan kesadaran dan minat masyarakat untuk menjelajahi dan mempelajari budaya Papua.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan, Papua, Edukasi, Unity, Android. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Nov 2024 03:28 | ||
Last Modified: | 01 Nov 2024 03:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27720 |
Actions (login required)
View Item |