Chasanah, Aulia Firdauzi (2022) IMPLEMENTASI RIGGING PADA KARAKTER DALAM PERANCANGAN ANIMASI 3D EDUKASI “AYO PATUHI 5M”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.82.0391-Aulia Firdauzi Chasanah.rar Restricted to Repository staff only Download (171MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.82.0391-Aulia Firdauzi Chasanah.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
Abstract
Pada era modern ini, industri kreatif semakin berkembang pesat. Salah satunya adalah sub sektor bidang animasi. Saat ini produk animasi baik 3D maupun 2D tidak hanya dibuat sebagai media hiburan saja. Produk animasi juga digunakan sebagai media bantu, pelengkap, presentasi, iklan, dan pengetahuan. Khususnya pada bidang pengetahuan saat ini, banyak dijumpai produk video animasi yang digunakan sebagai media belajar. Hal tersebut karena kondisi Indonesia saat ini yang masih berjuang melawan Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) yang menyebabkan sekolah dilakukan secara sistem daring. Namun, setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan new normal, beberapa sekolah sudah diperbolehkan melakukan sistem tatap muka dengan aturan hanya memperbolehkan beberapa persen siswa dan tenaga pengajar saja. Salah satunya adalah TK/RA Muslimat NU Bumisegoro Borobudur yang mulai menerapakan sistem tersebut. Namun bukan berarti keadaan sudah dikatakan aman. Pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan Virus Corona Disease 2019 (Covid-19). Dan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk selalu menerapkan gerakan 5M. Oleh karena itu, dibutuhkan media yang menarik dan kreatif untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada siswa TK/RA Muslimat NU. Kemudian dibuatlah sebuah animasi 3D yang berjudul “Ayo Patuhi 5M”. Animasi ini berisi gambaran bagaimana menjaga diri dan sesama dengan melakukan 5M seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Dalam rancangan animasi 3D ini memanfaatkan software Autodesk Maya 2018 dan beberapa software pendukung lainnya dengan tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pada penelitian kali ini penulis membahas penerapan rigging pada karakter manusia yang memeragakan gerakan 5M. Dalam penerapaan proses tersebut diharapkan menghasilkan gerak animasi yang luwes sehingga bisa dipahami dan tersampaikan dengan baik kepada siswa. Kemudian hasil gerak animasi diterapkan pada setiap scene untuk mengetahui keberhasilan tahap rigging. Hasil akhir penelitian ini berupa sebuah video animasi 3D dalam format mp4.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Rigging, animasi, 3D, software Autodesk Maya, covid-19 Rigging, animasi, 3D, software Autodesk Maya, covid-19 | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:51 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2023 07:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
View Item |