PERANCANGAN GAME EDUKASI "ROW THE AUTOMOTIVE" MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5

Pradipta, Galih (2013) PERANCANGAN GAME EDUKASI "ROW THE AUTOMOTIVE" MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (559kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi ditandai dengan indikator berkembangnya game secara pesat, baik dari platform berbasis mobile maupun dekstop. Merupakan tantangan bagi peneliti sekaligus developer ini untuk mengembangkan game yang menarik perhatian dan minat masyarakat, namun tak dapat dipungkiri bahwa game dengan konten muatan yang tidak berkualitas akan berdampak negatif bagi pengguna dari game dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu kehadiran game yang sarat akan edukasi sangat penting. Selain dapat menghibur game juga dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik atau yang lebih sering dikenal dengan istilah game edukasi. Pengumpulan data dalam perancangan game ini menggunakan metode kepustakaan dan wawancara kemudian peneliti melakukan analisis SWOT, setelah itu baru dilakukan analisis kebutuhan fungsional lalu analisis studi kelayakan. Analisis-analisis yang digunakan peneliti dalam merancang game "Row The Automotive" menggunakan dasar-dasar teori yang terdapat pada literatur buku- buku penulis terkenal dan berpengalaman. Kemudian peneliti merancang storyboard terlebih dahulu lalu merancang aplikasi gamenya. Software aplikasi yang diperlukan dalam perancangan game ini adalah Adobe Flash CS5, Adobe Photoshop CS3, dan Adobe Soundbooth CS3. Setelah itu dilakukan uji instrumentasi kualitas untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap game ini. Setelah dilakukan analisis terhadap hasil dari uji instrumentasi kualitas, diketahui bahwa rata-rata masyarakat menyukai game ini dalam sisi interface dan konten muatannya. Dari hasil penelitian ini diharapkan, pembaca dapat mengetahui cara perancangan game "Row The Automotive", kemudian diharapkan juga game ini dapat memberikan kontribusi pembelajaran bagi dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Adobe Flash
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:07
Last Modified: 04 Oct 2024 03:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item