REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce Pada Iklan Wardah Instaperfect Versi Raline Shah)

Parasrani, Shisi (2022) REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce Pada Iklan Wardah Instaperfect Versi Raline Shah). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-17.96.0116-Shisi Parasrani - Shisi Parasrani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Eksploitasi terhadap perempuan dimulai dengan penilaian terhadap perempuan semata-mata berdasarkan penampilannya. Akibatnya, pengiklan menggunakan tubuh perempuan sebagai nilai jual produk mereka. Model perempuan digunakan dalam iklan karena dianggap sebagai tipe kecantikan dan daya tarik. Hal itu akan membuat masyarakat terkesan dengan produk yang dipasarkan dan mengubahnya menjadi ketertarikan terhadap produk yang ditawarkan dengan segala jenis keindahan dan daya tariknya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendalami bagaimana representasi perempuan, yakni dalam iklan Wardah Instaperfect. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Peneliti menggunakan Paradigma kritis dalam penelitian ini. Paradigma kritis merupakan cara pandang terhadap realitas sosial yang selalu dipenuhi dengan indra kritis terhadap realitas. Pendekatan paradigma kritis ini diharapkan didasarkan pada interpretasi penelitian terhadap teks dan gambar, karena melalui interpretasi peneliti dapat menggali teks dan gambar serta mengungkapkan maknanya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi kecantikan dalam iklan Wardah Instaperfect erat hubungannya dengan perempuan aktif dan energik di dunia publik dan sosial. Citra tersebut dikonstruksikan melalui gambar dan katakata dalam iklan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Asrita, Stara
Uncontrolled Keywords: Representasi, Kecantikan Perempuan, Iklan.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:49
Last Modified: 21 Aug 2023 03:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item