Parasrani, Shisi (2022) REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce Pada Iklan Wardah Instaperfect Versi Raline Shah). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (773kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-17.96.0116-Shisi Parasrani - Shisi Parasrani.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
Abstract
Eksploitasi terhadap perempuan dimulai dengan penilaian terhadap perempuan semata-mata berdasarkan penampilannya. Akibatnya, pengiklan menggunakan tubuh perempuan sebagai nilai jual produk mereka. Model perempuan digunakan dalam iklan karena dianggap sebagai tipe kecantikan dan daya tarik. Hal itu akan membuat masyarakat terkesan dengan produk yang dipasarkan dan mengubahnya menjadi ketertarikan terhadap produk yang ditawarkan dengan segala jenis keindahan dan daya tariknya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendalami bagaimana representasi perempuan, yakni dalam iklan Wardah Instaperfect. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Peneliti menggunakan Paradigma kritis dalam penelitian ini. Paradigma kritis merupakan cara pandang terhadap realitas sosial yang selalu dipenuhi dengan indra kritis terhadap realitas. Pendekatan paradigma kritis ini diharapkan didasarkan pada interpretasi penelitian terhadap teks dan gambar, karena melalui interpretasi peneliti dapat menggali teks dan gambar serta mengungkapkan maknanya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi kecantikan dalam iklan Wardah Instaperfect erat hubungannya dengan perempuan aktif dan energik di dunia publik dan sosial. Citra tersebut dikonstruksikan melalui gambar dan katakata dalam iklan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Kecantikan Perempuan, Iklan. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:49 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2023 03:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/269 |
Actions (login required)
View Item |