MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN PENGGOLONGAN JENIS HEWAN UNTUK KELAS IV SD NEGERI 2 TANGGERAN

Anam, Syahrul Aflachul (2020) MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN PENGGOLONGAN JENIS HEWAN UNTUK KELAS IV SD NEGERI 2 TANGGERAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source code-16.12.9506-Syahrul Aflachul Anam - Syahrul Aflachul Anam.7z
Restricted to Repository staff only

Download (147MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - 16.12.9506 - Syahrul Aflachul Anam - Syahrul Aflachul Anam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

Pada obyek siswa SD Kelas 4, dalam hal ini kenyataan yang ada di lapangan, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, motivasi belajar siswa masih rendah yang dapat menyebabkan prestasi belajar siswa menurun. Hal tersebut disebabkan berbagai faktor di antaranya media pembelajaran yang terbatas dan monoton, guru hanya mengandalkan ceramah minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis komputer. Selama ini media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam hanya terbatas pada gambar, dan buku mata pelajaran IPA saja. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin membuat media pembelajaran ilmu pengetahuan alam berupa aplikasi pembelajaran untuk SD Kelas 4 mengenai Pengenalan Penggolongan Jenis Hewan. Hal tersebut berdasarkan pada pertimbangan bahwa aplikasi pembelajaran memungkinkan hadirnya interaksi manusia, realita, gambar bergerak dan tidak, tulisan dan suara sehingga pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam akan lebih optimal dan bervariasi agar siswa tidak bosan pada saat pembelajaran dan dapat memahami materi materi yang disampaikan dengan baik. Dalam melakukan penelitian terdapat metodologi penelitian yang digunakan untuk mendapat informasi yang benar-benar dimengerti dan hasilnya sesuai dengan hasil yang diharapkan serta mendapatkan hasil karya ilmiah yang berkualitas dalam penyusunan laporan, maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data diantaranya metode observasi, metode wawancara, metode kepustakaan, dan metode pengembangan. Proses pembuatan media interaktif pengenalan penggolongan jenis hewan menggunakan Unity berbasis desktop sebagai media pembelajaran melalui empat tahap pengembangan yaitu analisis, desain, implementasi, dan pengujian media pembelajaran. Produk multimedia yang dihasilkan berupa aplikasi multimedia interaktif yang dikemas dalam bentuk Softfile dan DVD. Materi inti yaitu tentang pengenalan jenis hewan berdasarkan perkembangbiakan dan makananya. Evaluasi berupa soal pilihan ganda, dan juga soal berupa tebak gambar. Desain tampilan materi dilengkapi dengan gambargambar yang berwarna, dan audio musik yang dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Perkembangbiakan Hewan dan Makanan, Learning Media, Unity, Animal Breeding and Food
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jun 2022 04:39
Last Modified: 18 Aug 2023 02:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item View Item