{JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN MODELING RUMAH ADAT SUKU TOBATI PADA PROJECT ANIMASI 3D "THE ETHNICS"

Syahrizal, Faiq Yogi (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN MODELING RUMAH ADAT SUKU TOBATI PADA PROJECT ANIMASI 3D "THE ETHNICS". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (78kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0889.zip
Restricted to Repository staff only

Download (240MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu teknologi semakin mendorong upaya-upaya perubahan dalam pemanfaatan hasil dari teknologi. Animasi menjadi salah satu sarana pembelajaran menarik, tidak membosankan dan menumbuhkan pemahaman secara lebih efisien. Dalam upaya mengenalkan budaya Indonesia, penggunaan animasi 3D memiliki dampak yang cukup besar untuk sarana edukasi budaya berbasis teknologi. Project animasi “The Ethnics” bertujuan untuk mengenalkan budaya-budaya di Indonesia dengan gaya animasi 3D. Tujuan dalam penelitian ini adalah menerjemahkan konsep environment 3D dan membuat film animasi pendek dengan konsep 3D berjudul "The Ethnics" yang memperlihatkan modeling rumah adat Kariwari dari Suku Tobati. Hasil penelitian ini menunjukkan tahapan produksi membahas proses pembuatan model 3D dari environment dimulai dari proses modeling dan diakhiri dengan proses texturing untuk memberikan tekstur pada objek atap rumah dan aspek lainnya. Tahapan selanjutnya pembuatan simulasi hujan menggunakan fitur tambahan dari software Blender yaitu geometry node. Pada tahapan produksi memiliki lima scene dan lima kamera yang berbeda. Pada pergerakan kamera menggunakan teknik kamera sliding, kamera circular movement, dan kamera still. Dan diakhiri penambahan HDRI (High Dynamic Range Imaging). Pada tahapan pasca produksi dilakukan rendering animasi menggunakan software Blender dengan hasil akhir menjadi images sequence dan melakukan compositing pada software Adobe Premiere Pro. Untuk memproses images sequence menjadi MP4 dengan software Adobe Premiere Pro. Selain itu terdapat tahapan evaluasi yang dilakukan oleh para ahli di bidang animasi 3D. Pembuatan pada film pendek “The Ethnics" melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pembuatan modeling environment menggunakan beberapa teknik dan tahapan diantaranya Primitive modeling, sculpting, dan texturing.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, Environment 3D, Modeling, Texturing, Rigging
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:11
Last Modified: 31 Jul 2024 04:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26613

Actions (login required)

View Item View Item