IMPLEMENTASI TEKNIK MODELING DALAM PEMBUATAN KARAKTER ANIMASI PENSIL DAN MANUSIA PADA ANIMASI PENDEK BERJUDUL “PENSIL YANG TERBENGKALAI”

Yulianto, Dewa (2023) IMPLEMENTASI TEKNIK MODELING DALAM PEMBUATAN KARAKTER ANIMASI PENSIL DAN MANUSIA PADA ANIMASI PENDEK BERJUDUL “PENSIL YANG TERBENGKALAI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.82.0726.zip
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan sebagai pengenalan dari beberapa teknik modeling dalam pembuatan karakter animasi 3 dimensi (3D). Modeling 3D adalah proses pembuatan suatu benda atau model objek lainnya yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi serta tampak realis yang diaplikasikan dalam software animasi 3D (ibarat permainan Clay, kita dapat membuat bentuk dan model apapun yang kita inginkan, hanya perbedaannya terletak pada media. Secara umum ada 6 tahapan dalam membuat animasi 3D, meliputi Modeling, Texturing, Lighting, Background & 3D Effect, Animasi dan Rendering. Di dalam teknik modeling 3D, seorang modeler terkadang punya pandangan dan style teknik berbeda namun pada dasarnya bisa dikelompokkan ke dalam 3 teknik yaitu teknik primitive modeling (Solid Geometry Modeling), teknik polygonal modeling (Sculpt Modeling) dan teknik NURBS modeling (Curve Modeling). Dari ketiga teknik tadi, seorang modeler bisa hanya menggunakan salah satu teknik, atau memadukannya dengan teknik lain. Bahkan bisa juga seorang modeler menggunakan tiga teknik sekaligus dalam tahapan modeling objek, tergantung kepada tingkat kerumitan objek yang akan dibuat. Pembahasan di dalam skripsi ini akan mengimplementasikan 2 dari ketiga teknik modeling yang telah disebutkan diatas.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Teknik, Modeling, Karakter, 3D Animasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:59
Last Modified: 30 Jul 2024 03:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26581

Actions (login required)

View Item View Item