PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI JUAL BELI BARANG BEKAS JOGJA

Firmansyah, Firmansyah (2023) PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI JUAL BELI BARANG BEKAS JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)

Abstract

Semakin pesat nya perkembangan teknologi dari setiap tahun ke tahun salah satunya dibidang internet yang memberikan dampak terhadap berbagai sektor di Indonesia tertutama di kota Yogyakarta. Internet ialah jaringan Universal yang dapat menghubungkan jaringan Computer, Smartphone keseluruh dunia, hal ini akan terjadi interaksi antara satu dengan lainnya ke seluruh Indonesia terutama kota Yogyakarta. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi internet sebagai media sistem informasi yang dapat diakses untuk mempromosikan produk atau barang melalui platform yaitu Aplikasi Mobile. Aplikasi Mobile adalah penggunaan atau penerapan suatu konsep yang menjadi suatu pokok pembahasan. Aplikasi dapat diartikan juga sebagai program komputer yang dibuat menolong manusia dalam melaksanakan tugas tertentu. Selain itu banyak kegunaan aplikasi untuk menjadikan peluang bisnis salah satu nya yaitu sebagai platform atau aplikasi mobile jual beli barang bekas atau bisa disebut aplikasi mobile barang bekas. terutama untuk di kota Yogyakarta. Dalam pembuatan aplikasi ini digunakan metode Design thinking, metode ini digunakan karena metode ini berpusat pada manusia untuk menyelesaikan masalah. Dengan metode ini beberapa tahapan yang telah dilakukan oleh penulis selama mengerjakan penelitian ini yaitu adalah empathize, define, idedate, prototype, dan test. Setelah itu dilanjutkan menggunakan usability testing dengan 2 parameter yaitu efektivitas dan kepuasan dengan system usability scale (SUS). Dengan evaluasi terserbut aplikasi Loak-in sangat diterima dengan baik oleh pengguna, dan aplikasi ini dapat membantu menyelesaikan masalah yang saat ini di hadapi oleh (89%) dan kepuasan mendapatkan rata-rata SUS (82)

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Widayani, Wiwi
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Usability Testing, System Usability Scale(SUS), Jual Beli Barang Bekas
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:36
Last Modified: 26 Jul 2024 03:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26509

Actions (login required)

View Item View Item