Prakassiwa, Galih (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI ANAK “PUZZLE PENGENALAN HEWAN ENDEMIK INDONESIA” BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (977kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (46kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.3199.zip Restricted to Repository staff only Download (175MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
Abstract
Hewan endemik adalah spesies hewan alami yang mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu yang menjadikan wilayah tersebut memiliki ciri khas karena tidak ditemukan di daerah lain. Sebuah spesies bisa disebut endemik jika spesies tersebut merupakan spesies asli yang hanya bisa di temukan disebuah wilayah tertentu. Banyaknya anak-anak yang belum mengenal dan mengetahui hewan endemik karena banyaknya pemburuan liar, perdagangan ilegal, dan pengrusakan habitat menjadikan hewan endemik terancam punah. Oleh karena itu penelitian dan pembuatan game kali ini dapat membantu edukasi anak untuk lebih mengenal hewan endemik yang hidup di Indonesia. Pembuatan game edukasi puzzle dikembangkan menggunakan game engine Construct 2 berbasis android dengan menggunakan metode pengembangan GDLC (Game Development Life Cycle). metode GDLC mempunyai tahapan seperti Praproduksi, Produksi, Pengujian (Alpha dan Beta Testing), dan Release. Game edukasi merupakan permainan yang dikemas untuk merangsang daya pikir dan termasuk salah satu cara untuk melatih mengingatkan konsentrasi penggunanya. pemanfaatan teknologi game edukasi dalam proses belajar mengajar anak merupakan salah satu cara yang tepat, karena game edukasi sebagai media visual memiliki kelebihan dibandingkan dengan media visual yang lain. Selain itu game edukasi mengajak pemainnya untuk turut serta dan andil dalam menentukan hasil akhir dari game tersebut. Terlebih lagi anak di era milenial sekarang ini sudah sangat kental dengan smartphone, sehingga penyajian menggunakan game dengan platform android dirasa yang paling tepat, dibandingkan dengan buku, dirasa game akan lebih berpengaruh untuk meningkatkan keinginan belajar anak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Hewan Endemik Indonesia, Android, Construct 2 | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:30 | ||
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26499 |
Actions (login required)
View Item |