Nurkholis, Ishak (2024) PENERAPAN SISTEM WAYPOINT AI UNTUK NON-PLAYER PADA GAME “STREET RACING”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (814kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (36kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.1070.zip Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan sistem waypoint AI untuk mengatur perilaku Non-Player Character (NPC) dalam game Street Racing. Dengan fokus pada genre balapan jalanan, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana penggunaan sistem waypoint AI dapat meningkatkan responsivitas NPC terhadap lingkungan dan tindakan pemain, serta meningkatkan pengalaman bermain pemain secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan mencakup pengembangan sistem waypoint AI yang terintegrasi dengan desain level dan lingkungan game Street Racing, serta evaluasi performa sistem tersebut melalui serangkaian uji coba dan analisis. Selain itu, penelitian ini juga mempertimbangkan pengaruh desain level dan interaksi lingkungan terhadap pergerakan NPC, serta integrasi sistem waypoint AI dengan elemen gameplay lainnya seperti kecerdasan buatan lawan dan kendaraan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh ahli game dan khalayak umum untuk mengetahui seberapa baik penelitian yang telah dilakukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kebutuhan fungsional dari penerapan Sistem Waypoint AI untuk Non-Player pada game Street Racing telah terpenuhi dengan baik dan produk penelitian telah diuji oleh ahli dalam bidang game dan mendapatkan skor sebesar 83,3% yang menunjukkan hasil dengan kategori “Sangat Baik”. Selain itu, khalayak umum juga memberikan skor sebesar 88,8% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Waypoints, Pathfinding, Artificial Intelligence, Wayfinding | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:37 | ||
Last Modified: | 06 Nov 2024 06:38 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26481 |
Actions (login required)
View Item |