STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF SANGGAR PRABASWARA SAKTI DALAM UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA JAWA MELALUI SENI KARAWITAN

Sintawati, Puteri (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF SANGGAR PRABASWARA SAKTI DALAM UPAYA MELESTARIKAN BUDAYA JAWA MELALUI SENI KARAWITAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (921kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan dan menganalisis mengenai bagaimana strategi komunikasi persuasif Sanggar Prabaswara Sakti dalam upaya melestarikan budaya Jawa melalui seni karawitan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian studi kasus. Definisi dari studi kasus merupakan rangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif suatu peristiwa baik pada tingkat perorangan atau sekelompok orang untuk memperoleh pengetahuan mendalam. Peristiwa pada Sanggar Prabaswara Sakti berdiri menjadi salah satu cita-cita dari pendiri sanggar sebagai pelaku seni, dengan memilih seni karawitan menjadi media yang digunakan untuk melestarikan budaya Jawa ke generasi muda dan masyarakat luas. Peneliti dapat mengambil kesimpulan dengan melakukan beberapa strategi, seperti melakukan pementasan rutin kepada masyarakat, bekerja sama dengan SMK N 1 Ambal menjadi bagian pendidikan di bidang ekstrakulikuler, aktif dalam berbagai perlombaan kesenian, dan memasukkan unsur tren kekinian pada seni karawitan. Dalam konsep pelatihan ini memiliki keterkaitan dengan mengimplementasikan unsur komunikasi persuasif dan adanya model AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decission, Action). Proses AIDDA dalam memberikan keberhasilan pada pesan yang ingin disampaikan oleh Sanggar Prabaswara Sakti untuk melestarikan budaya Jawa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sa'idah, Zahrotus
Uncontrolled Keywords: Sanggar Prabaswara Sakti, Strategi, Komunikasi Persuasif, Pelestarian, Budaya Jawa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:26
Last Modified: 24 Oct 2024 07:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26437

Actions (login required)

View Item View Item