Abimanyu, Oscar Febrian Bagas (2024) {SKEMA ARTIS} PERAN PENULIS NASKAH DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT "BIJAK BERMEDIA: CYBERBULLYING". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (731kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (97kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi mempengaruhi banyak sekali perilaku masyarakat baik, sosial maupun budayanya. Hadirnya gadget sangat mempengaruhi baik buruknya tindakan seseorang, dampak buruknya dapat menjadikan seseorang mengalami kecanduan. Kecanduan media sosial dapat memberikan dampak negatif bagi penggunanya seperti cyberbullying. Tujuan di buatnya iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia: Cyberbullying” sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat agar bisa mengurangi kejahatan cyberbullying di sosial media. Pembuatan sebuah iklan ada unsur di dalamnya seperti perhatian, ketertarikan, keinginan, keyakinan dan tindakan. Pembuatan karya ini juga memiliki tujuan untuk menjelaskan peran seorang scriptwriter dalam proses pembuatan iklan layanan masyarakat. Scriptwriter memiliki cara untuk mengembangkan sebuah ide cerita, yang nantinya akan menjadi premis, logline dan sinopsis. Scriptwriter selanjutnya mengembangkan sinopsi untuk menjadi naskah cerita dengan cara menggunakan teknik tiga babak, dengan cara menciptakan alur cerita yang ada di dalamnya, alur cerita dalam tiga babak ini meliputi latar belakang, konflik dan klimaks. Setelah naskah jadi kemudian kita menargetkan audiens iklan layanan masyarakat dengan memperhatikan perhatian, minat, keinginan dan Tindakan. Hasil penelitian ini mengungkapkan pentingnya peran dari seorang scriptwriter dan tujuan yang ada di dalamnya, sehingga penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana peran seorang scriptwriter dalam proses pembuatan iklan layanan masyarakat agar pesan di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Peran Scriptwriter, Iklan Layanan Masyarakat, Struktur Tiga Babak, Perhatian, Minat, Keinginan, Tindakan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:58 | ||
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26415 |
Actions (login required)
View Item |