PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK EDUKASI KOSA KATA BAHASA JEPANG DENGAN PEMROGRAMAN ANTARMUKA XML UNTUK SMARTPHONE ANDROID MENGGUNAKAN ECLIPSE

Yusuf, Burhanuddin (2013) PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK EDUKASI KOSA KATA BAHASA JEPANG DENGAN PEMROGRAMAN ANTARMUKA XML UNTUK SMARTPHONE ANDROID MENGGUNAKAN ECLIPSE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (695kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)

Abstract

Jepang adalah negara terdepan dalam riset dan teknologi. Banyak inovasi lahir di Jepang. Sayangnya, kebanyakan orang tidak tampak tertarik dalam mempelajari atau meneliti di Jepang karena kesulitan bahasa. Android adalah sistem operasi mobile yang terus berkembang dan populer, dan banyak perangkat menerapkan sistem operasi Android saat ini. Pemrograman aplikasi Android umumnya dilakukan melalui Pengembangan Lingkungan Terpadu (IDE) seperti Eclipse, dengan bahasa pemrograman Java dan XML. Dengan menggunakan Android sebagai platform, perangkat lunak edukasi dapat dibuat untuk khalayak luas dan dapat membantu dalam pembelajaran bahasa Jepang, terutama untuk membantu dalam mempelajari kosa kata, ejaan, dan bahkan penulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi Android untuk membantu dalam pembelajaran kosa kata Jepang dengan memanfaatkan kode sederhana, namun efisien, sambil mempertahankan bagian menarik dari perangkat lunak edukasi melalui file multimedia. Aplikasi ini memanfaatkan fondasi dasar Java, dan memungkinkan seseorang untuk fokus pada pemrograman antarmuka melalui XML sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi. Ini akan membantu dan mendorong baik programmer pemula maupun tingkat lanjut untuk membantu mengembangkan aplikasi inspiratif tanpa harus mempelajari Java secara keseluruhan. Meskipun dengan kode pemrograman yang sederhana, aplikasi ini mempertahankan aspek penting dari perangkat lunak edukasi dalam rangka mempertahankan produktivitas. Aplikasi ini juga telah melalui pengujian yang ketat untuk menjamin efektivitas dan stabilitas keseluruhan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penulis dapat mengembangkan aplikasi Android inspiratif dengan menggunakan bahasa pemrograman yang lebih sederhana, namun tetap mempertahankan manfaat kaya fitur layaknya bahasa pemrograman tingkat lanjut, semua tanpa harus mempelajari pemrograman Java secara penuh dan tanpa mengorbankan kualitas pada sisi edukasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Android, Eclipse, Perangkat Lunak Edukasi, XML, Java, Mobile, Bahasa Jepang
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:30
Last Modified: 10 Jul 2024 01:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26101

Actions (login required)

View Item View Item