PERMAINAN HALMA INTERAKTIF DENGAN AUGMENTED REALITY

Ardiansyah, Chandra (2013) PERMAINAN HALMA INTERAKTIF DENGAN AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Realitas tertambah, atau dikenal sebagai singkatan dalam bahasa inggrisnya AR (Augmented Reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan kemudian menampilkan benda-benda maya tersebut dalam waktu yang nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunaannya dengan dunia nyata. Permainan Halma atau checkers cina adalah suatu permainan yang memerlukan strategi yang tepat untuk dapat memenangkan permainan tersebut. Permainan ini pada dasarnya ada kaitannya dengan Artificial Intelligence yang dapat mempengaruhi kecerdasan berpikir manusia. Permainan Halma Interaktif Dengan Augmented Reality merupakan suatu permainan interaktif yang mengadopsi dari permainan Halma di dunia nyata yang digabungkan dengan teknologi Augmented Reality. Penggabungan benda maya dan nyata dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktifitas dimungkinkan melalui marker-marker tertentu yang diinputkan. Permainan Halma ini akan divisualisasikan menjadi tiga dimensi sehingga menjadi suatu permainan yang menarik untuk dimainkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Permainan Halma, Permainan Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:21
Last Modified: 08 Jul 2024 06:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26057

Actions (login required)

View Item View Item