Sanjaya, Yosua Kurniawan (2024) KOMUNIKASI VISUAL PADA BUMPER TALKCATION RBTV (ANALISA SEMIOTIKA CHARLES SANDRES PEIRCE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (804kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (101kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
Abstract
Program televisi memiliki hubungan yang sangat erat dengan aspek visual yang disajikan kepada penonton. Penyusunan visual yang cermat oleh tim kreatif akan menghasilkan karya visual yang menarik. Memahami elemen visual memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap ilmu seperti Desain Komunikasi Visual serta interpretasi makna yang terkandung dalam setiap karya seni visual. Semiotika menjadi landasan penting dalam memahami tanda-tanda visual yang memiliki makna, sehingga dapat dipahami oleh penonton secara lebih mendalam. Dalam konteks televisi, elemen visual akan menjadi identitas yang kuat, karena penggunaan kontinu dan konsisten dalam setiap konten akan membentuk identitas visual yang khas. Logo, sebagai bagian penting dari pembuatan bumper, mewakili identitas perusahaan atau program acara. Pentingnya perhatian terhadap penyusunan logo dengan mempertimbangkan target audiens adalah agar penonton dapat dengan mudah mengingat dan terhubung dengan visual yang dipresentasikan. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis elemenelemen semiotika dalam desain visual TalkCation, termasuk pemilihan warna, tipografi, grafis, dan tata letak. Melalui studi kasus, peneliti mengidentifikasi simbol, ikon, dan indeks yang digunakan dalam desain untuk menyampaikan pesan, membangun citra merek, dan mengekspresikan nilai-nilai yang terkait dengan program tersebut.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Talkshow, Televisi, Desain Komunikasi Visual, Semiotika | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:36 | ||
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25947 |
Actions (login required)
View Item |