KOMUNIKASI VISUAL PADA BUMPER TALKCATION RBTV (ANALISA SEMIOTIKA CHARLES SANDRES PEIRCE)

Sanjaya, Yosua Kurniawan (2024) KOMUNIKASI VISUAL PADA BUMPER TALKCATION RBTV (ANALISA SEMIOTIKA CHARLES SANDRES PEIRCE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)

Abstract

Program televisi memiliki hubungan yang sangat erat dengan aspek visual yang disajikan kepada penonton. Penyusunan visual yang cermat oleh tim kreatif akan menghasilkan karya visual yang menarik. Memahami elemen visual memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap ilmu seperti Desain Komunikasi Visual serta interpretasi makna yang terkandung dalam setiap karya seni visual. Semiotika menjadi landasan penting dalam memahami tanda-tanda visual yang memiliki makna, sehingga dapat dipahami oleh penonton secara lebih mendalam. Dalam konteks televisi, elemen visual akan menjadi identitas yang kuat, karena penggunaan kontinu dan konsisten dalam setiap konten akan membentuk identitas visual yang khas. Logo, sebagai bagian penting dari pembuatan bumper, mewakili identitas perusahaan atau program acara. Pentingnya perhatian terhadap penyusunan logo dengan mempertimbangkan target audiens adalah agar penonton dapat dengan mudah mengingat dan terhubung dengan visual yang dipresentasikan. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis elemenelemen semiotika dalam desain visual TalkCation, termasuk pemilihan warna, tipografi, grafis, dan tata letak. Melalui studi kasus, peneliti mengidentifikasi simbol, ikon, dan indeks yang digunakan dalam desain untuk menyampaikan pesan, membangun citra merek, dan mengekspresikan nilai-nilai yang terkait dengan program tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pamungkas, Andreas Tri
Uncontrolled Keywords: Talkshow, Televisi, Desain Komunikasi Visual, Semiotika
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:36
Last Modified: 03 Jul 2024 03:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25947

Actions (login required)

View Item View Item