{JALUR MAGANG ARTIST} PENGEMBANGAN DAN OPTIMALISASI INTERAKTIVITAS PADA GAME "SCROLL MAKER" SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT: PERANCANGAN YANG MEMADUKAN PENDIDIKAN DAN HIBURAN

Priyadi, Ario Renanda (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PENGEMBANGAN DAN OPTIMALISASI INTERAKTIVITAS PADA GAME "SCROLL MAKER" SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT: PERANCANGAN YANG MEMADUKAN PENDIDIKAN DAN HIBURAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Ario Renanda Priyadi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)

Abstract

Bahasa isyarat merupakan sebuah bahasa yang penting utnuk berkomunikasi dengan individu dengan gangguan pendengaran (Tunarungu). banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan bahasa isyarat yang efektif. Salah satunya dari media pembelajaran. Namun, banyak media pembelajaran yang menyajikan konten di dalamnya kurang baik. Bahkan membuat sebagian dari penggunanya cepat merasakan bosan saat menggunakannya. Oleh sebab itu penulis ingin berfokus pada pengembangan dan peningkatan game "Scroll Maker" sebagai media pembelajaran berbasis game yang menggabungkan unsur pendidikan dan hiburan. Tujuan utama dari pengembangan ini adalah untuk mengidentifikasi potensi perbaikan pada interaksi di dalam game. Pengembangan ini meperbarui elemen elemen dalam game untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik sambil tetap mempertahankan daya tarik hiburan. Ada beberapa tantagan yang di alami penulis dalam projek ini, termasuk merancang user interface yang efektif dan mengintergrasikan fitur - fitur pembelajaran bahasa isyarat tanpa harus mengorbankan media hiburannya. Harapannya, hasil dari penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pengembangan game edukasi serupa yang bertujuan untuk menggabungkan pendidikan dengan hiburan dalam konteks pembelajaran bahasa isyarat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Interface, Bahasa Isyarat, Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:13
Last Modified: 04 Jul 2024 04:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item View Item