Majid, Arfailah Al Adawiah (2024) KLASIFIKASI KECANDUAN GAWAI TERHADAP MAHASISWA MENGGUNAKAN SAS - SV DENGAN METODE ALGORITMA K- NEAREST NEIGHBOR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (960kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Arfailah Al Adawiah Majid.zip Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
Abstract
Kecanduan gawai menjadi masalah yang mempengaruhi kehidupan sehari – hari dan fungsi social individu. Kecanduan gawai atau kecanduan phonsel pintar dampak berdampak signifikan pada gangguan tidur, gangguan mental, penurunan produktivitas,gangguan hubungan interpersonal dan masalah fisik. Kecanduan gawai bisa mempengaruhi berbgai kalangan termaksud mahasiswa, hal ini yang menjadi latar belakang dari penelitian skripsi ini dengan tujuan untung mengklasifikasikan apakah seseorang mengalami kecanduan ringan, sedang atau berat. Data tentang kebiasaan penggunaan perangkat, perilaku, dan faktor terkait kecanduan dikumpulkan melalui survei dan wawancara. Proses SAS-SV memilihatribut yang paling relevan untuk menentukan kecanduan gadget dengan meminimalkan atribut yang tidak relevan kemudian algoritma K-NN diterapkan untuk mengelompokkan mahasiswa ke dalam kelompok kecanduan dan tidak kecanduan berdasarkan pola atribut yang ditemukan. Metode ini membandingkan data mahasiswa dengan tetangga terdekatnya dalam ruang atribut dan menentukan kelas berdasarkan mayoritas tetangga terdekatnya. Hasil penelitian pada mahasiswa Informatika Universitas Amikom Yogyakarta tingkat kecanduan dengan hasil akurasi pada setiap nilai k dengan data training 85 dan data testing didapatkan setiap akurasi yang berbeda yaitu K=3 didaptkan akurasi 76%. ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebihbaik tentang pola kecanduan gawai di kalangan pelajar. Hal ini memberikan dasaruntuk mengembangkan strategi intervensi yang lebih efektif untuk mengatasi masalah kecanduan perangkat di lingkungan pendidikan tinggi dan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang dampak dan pengobatan kecanduan perangkat pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kecanduan, Gawai, Sas-Sv, K-Nearst Neighbors | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:28 | ||
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:06 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25935 |
Actions (login required)
View Item |