Aditama, M Masda (2020) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN DI ANDROID TENTANG KEBERAGAMAN DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY DI SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (507kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
oke - Source Code-15.11.9364-M Masda Aditama - M Masda Aditama.rar Restricted to Repository staff only Download (154MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-15.11.9362-M Masda Aditama - M Masda Aditama.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan sebuah media baru penyampaian informasi yang sedang berkembang saat ini. AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata di sekitar kita. Melihat dari kemampuan yang dimiliki oleh AR ini, sangat disayangkan jika teknologi ini tidak digunakan dan dikembangkan di SD Muhammadiyah Condong Catur, untuk meningkatkan minat belajar siswa-siswinya. Karena pada umumnya kebanyakan siswa-siswinya mulai cepat bosan dengan penyampaian materi pelajaran menggunakan media buku pelajaran. AR sendiri dapat digunakan sebagai media pembelajaran pelajaran IPS tentang keberagaman yang ada di Indonesia yang menarik bagi siswa siswinya. Hal ini dikarenakan AR dapat menyajikan pembelajaran yang interaktif, menarik dan lebih efisien, karena anak-anak bukan hanya belajar secara teori saja melainkan anak-anak juga dapat melihat objek rumah adat secara 3D, memutar vidio tari tradisional dan juga memutar lagu daerah secara realtime ketika belajar. Pada skripsi ini akan dibuat aplikasi pembelajaran keberagaman yang ada di Indonesia berbasis Augmented Reality (AR). Aplikasi ini dibuat menggunakan library Vuforia dan Unity Engine, dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Aplikasi dapat menampilkan objek 3D rumah adat, memutar vidio tari tradisional, memutar lagu daerah dan menampilkan informasi mengenai rumah adat maupun vidio tari tradisional yang di sediakan. Sedangkan objek 3D rumah adat yang ada di aplikasi ini meliputi rumah adat Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Lampung. Untuk vidio tari tradisional meliputi tari tradisional Papua, Sumatera Barat, dan Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk lagu daerah meliputi lagu daerah Maluku, Papua, dan Kalimantan Selatan. Dari hasil pengujian black box testing aplikasi sukses di buat dan di jalankan dengan baik di hp android, dimana tiap marker yang telah ditentukan semuanya dapat memunculkan objek 3d, memutar vidio tari, dan memutar lagu daerah dengan baik. Dengan adanya aplikasi pembelajaran ini maka diharapkan bisa membuat materi pelajaran keberagaman yang ada di indonesia menjadi lebih informatif dan menarik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Unity, Vuforia, Keberagaman yang ada di Indonesia | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:11 | ||
Last Modified: | 16 Aug 2023 04:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2562 |
Actions (login required)
View Item |