PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN DI ANDROID TENTANG KEBERAGAMAN DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY DI SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR

Aditama, M Masda (2020) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN DI ANDROID TENTANG KEBERAGAMAN DI INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY DI SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (507kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
oke - Source Code-15.11.9364-M Masda Aditama - M Masda Aditama.rar
Restricted to Repository staff only

Download (154MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
fiks - Publikasi-15.11.9362-M Masda Aditama - M Masda Aditama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan sebuah media baru penyampaian informasi yang sedang berkembang saat ini. AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata di sekitar kita. Melihat dari kemampuan yang dimiliki oleh AR ini, sangat disayangkan jika teknologi ini tidak digunakan dan dikembangkan di SD Muhammadiyah Condong Catur, untuk meningkatkan minat belajar siswa-siswinya. Karena pada umumnya kebanyakan siswa-siswinya mulai cepat bosan dengan penyampaian materi pelajaran menggunakan media buku pelajaran. AR sendiri dapat digunakan sebagai media pembelajaran pelajaran IPS tentang keberagaman yang ada di Indonesia yang menarik bagi siswa siswinya. Hal ini dikarenakan AR dapat menyajikan pembelajaran yang interaktif, menarik dan lebih efisien, karena anak-anak bukan hanya belajar secara teori saja melainkan anak-anak juga dapat melihat objek rumah adat secara 3D, memutar vidio tari tradisional dan juga memutar lagu daerah secara realtime ketika belajar. Pada skripsi ini akan dibuat aplikasi pembelajaran keberagaman yang ada di Indonesia berbasis Augmented Reality (AR). Aplikasi ini dibuat menggunakan library Vuforia dan Unity Engine, dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Aplikasi dapat menampilkan objek 3D rumah adat, memutar vidio tari tradisional, memutar lagu daerah dan menampilkan informasi mengenai rumah adat maupun vidio tari tradisional yang di sediakan. Sedangkan objek 3D rumah adat yang ada di aplikasi ini meliputi rumah adat Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Lampung. Untuk vidio tari tradisional meliputi tari tradisional Papua, Sumatera Barat, dan Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk lagu daerah meliputi lagu daerah Maluku, Papua, dan Kalimantan Selatan. Dari hasil pengujian black box testing aplikasi sukses di buat dan di jalankan dengan baik di hp android, dimana tiap marker yang telah ditentukan semuanya dapat memunculkan objek 3d, memutar vidio tari, dan memutar lagu daerah dengan baik. Dengan adanya aplikasi pembelajaran ini maka diharapkan bisa membuat materi pelajaran keberagaman yang ada di indonesia menjadi lebih informatif dan menarik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Fatta, Hanif Al
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity, Vuforia, Keberagaman yang ada di Indonesia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:11
Last Modified: 16 Aug 2023 04:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item View Item