PENERAPAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE PADA DATA REVIEW GAME

Al Fikrah, M. Danil (2022) PENERAPAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE PADA DATA REVIEW GAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.2114-M.Danil AlFikrah.rar
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2114-M.Danil AlFikrah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

Dewasa ini, game merupakan hal yang digemari pada masa sekarang, bagaimana tidak banyak kalangan yang bermain game terlebih lagi kepada para remaja bahkan anak-anak sekarang banyak yang menggemari sebuah game baik itu game PC terlebih lagi game android bahkan game console pun tidak kalah rame nya. Sebuah game dikatakan layak dimainkan apabila game tersebut telah di download oleh banyak orang, memiliki rating yang tinggi. Pada penelitian ini, peneliti mencoba untuk menerapkan sebuah algoritma data mining terhadap data recommendation dalam sebuah data hasil review game yang telah di review oleh pemain sebelumnya yaitu menggunakan algoritma Support Vector Machine. Dalam proses penelitian peneliti melakukan proses klasifikasi terhadap 2 kategori yaitu kategori yang merekomendasikan game tersebut dan kategori yang tidak merekomendasikannya. Dari hasil performa yang didapatkan dari proses penelitian yang telah dilakukan terhadap data sebanyak 20.000 data dengan menggunakan teknik Support Vector Machine untuk nilai precission yang didapatkan yaitu sebesar 74,85%, untuk nilai recall yang didapatkan sebesar 100%, dan hasil untuk F1-Score nya yaitu 300%. Berdasarkan nilai f1 score yang diperoleh mengindikasikan bahwa model klasifikasi memiliki presisi dan recall yang baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Support Vector Machine, Data mining, klasifikasi, Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:05
Last Modified: 22 Aug 2023 02:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item