RANCANG BANGUN GAME GAMBUS BERBASIS ANDROID

Saputra, Alan Darma (2020) RANCANG BANGUN GAME GAMBUS BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9594-Alan Darma Saputra - Alan Darma Saputra.rar
Restricted to Repository staff only

Download (120MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9594-Alan Darma Saputra - Alan Darma Saputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Aplikasi permainan (game) saat ini telah sangat berkembang. Banyak developer game yang telah mengembangakan game di berbagai platform, mulai dari game berbasis komputer hingga merambah ke perangkat mobile smartphone. Tujuan pembuatan gamepun bermacam-macam, mulai dari murni untuk hiburan sampai untuk keperluan sarana pembelajaran. Budaya atau kebudayaan diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Indonesia memiliki banyak budaya yang kita kenal disekitar kita, mulai dari lagu daerah, pakaian adat, tarian adat, senjata tradisional dan rumah adat. Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan yang ada di Indonesia pada saat ini secara perlahan mulai terlupakan, Hal ini terjadi karena begitu banyak kebudayaan asing yang masuk dan dengan mudah diterima oleh masyarakat, Terutama banyak diantaranya anak anak dan kaum muda lebih menyukai budaya asing dari pada budaya tanah air. Dengan adanya masalah tersebut Penulis Merancang dan Membangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Nusantara untuk media pembelajaran yang menarik dan bermanfaat untuk anak. Penelitian kali ini, Penulis menggunakan Game Maker Studio dalam membuat Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Nusantara untuk media permainan dan pembelajaran. Dalam Penelitian ini, Penulis menggunakan metode GDLC versi Arnold Hendrick dalam pembuatan aplikasi. Aplikasi ini untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia tentang lagu daerah, pakaian adat dan rumah adat. Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Nusantara menjadi sarana untuk permainan dan pembelajaran kepada anak-anak dengan cara yang mudah dan menarik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Game Maker Studio, Kebudayaan, GDLC, Culture
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:26
Last Modified: 16 Aug 2023 04:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item