{JALUR PROFESIONAL-MAGANG} XYZEHAT: PENYEDIAAN LAYANAN E-HEALTH KEPADA PASIEN RUMAH SAKIT XYZ MELALUI APLIKASI MOBILE

Widiatmoko, Rahardiyan Eko (2023) {JALUR PROFESIONAL-MAGANG} XYZEHAT: PENYEDIAAN LAYANAN E-HEALTH KEPADA PASIEN RUMAH SAKIT XYZ MELALUI APLIKASI MOBILE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Jalur Professional Magang Sourcecode - Rahardiyan Eko Widiatmoko.zip
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia pertama kali pada Maret 2020 telah mengguncang negara, dengan kasus positif tercatat sebanyak 400.483 kasus pada tujuh bulan pertama. Lonjakan kasus positif yang cukup tinggi ini membuat sebagian besar rumah sakit di Indonesia kewalahan dalam menampung pasien COVID-19 dengan total Bed Occupancy Rate (BOR) mencapai lebih dari 90% pada beberapa provinsi per bulan Juni 2021. Tak hanya itu, sebanyak 947 tenaga kesehatan meninggal akibat paparan langsung COVID-19 terhitung Juni 2021. Hal ini menyebabkan terhambatnya penyediaan layanan kesehatan yang efektif bagi masyarakat. Hadirnya keterbatasan ini mendorong implementasi e-health dalam skala yang lebih luas. E-health memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu keseluruhan proses layanan kesehatan dan mengurangi beban kerja dari tenaga profesional kesehatan. Adanya e-health dapat memangkas waktu dan biaya penyediaan layanan kesehatan konvensional, serta dapat menyediakan aksesibilitas tinggi terhadap layanan kesehatan tanpa batasan ruang dan waktu kepada masyarakat melalui aplikasi mobile. Implementasi e-health tersebut hadir dalam bentuk aplikasi mobile bernama XYZehat, yang bertujuan untuk menyediakan layanan kesehatan dari Rumah Sakit XYZ secara digital. Aplikasi memungkinkan pemesanan janji konsultasi dokter, pemesanan janji tes laboratorium dan COVID-19, dan berbagai layanan kesehatan lainnya. Berbekal data dan teknologi informasi, aplikasi mobile XYZehat diharapkan dapat menyediakan layanan kesehatan yang aman, efektif, terpersonalisasi dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pujastuti, Eli
Uncontrolled Keywords: E-Health, Aplikasi Mobile, Layanan Kesehatan, Aksesibilitas.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:41
Last Modified: 30 Apr 2024 02:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25302

Actions (login required)

View Item View Item