{JALUR PROFESIONAL-LOMBA} PENGEMBANGAN WEBSITE MARKETPLACE FIT BATIK DENGAN MENGGABUNGKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Kurniawan, Firman Almadhani (2024) {JALUR PROFESIONAL-LOMBA} PENGEMBANGAN WEBSITE MARKETPLACE FIT BATIK DENGAN MENGGABUNGKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Jalur Lomba Sourcecode - Firman Almadhani Kurniawan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya akan motif dan makna. Namun, popularitas batik di kalangan generasi milenial semakin menurun. Pandemi COVID-19 juga turut berkontribusi terhadap penurunan popularitas batik. Hal ini disebabkan pemasaran batik yang berfokus pada penjualan langsung di pasar atau sentra penjualan. Teknik ini tidak efisien, tidak efektif, dan hanya terpusat di satu tempat. Selain itu, saat ini belum ada marketplace yang khusus menjual produk batik di Indonesia. Produk batik sangat beraneka ragam, namun belum ada wadah yang dapat menampung dan memasarkannya secara eksklusif. Berjualan secara online juga memiliki kelemahan, yaitu barang yang datang tidak sesuai dengan keinginan pembeli. Hal ini menyebabkan konsumen tidak puas. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mengusulkan solusi berupa pembangunan marketplace batik yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR). Marketplace batik ini diberi nama Fit Batik. Fit Batik menyediakan fitur coba pakai AR yang memungkinkan pembeli untuk mencoba pakaian batik secara virtual sebelum melakukan pembelian. Fitur ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan pengalaman berbelanja batik secara online, sehingga dapat menarik minat generasi milenial dan meningkatkan popularitas batik. Berdasarkan hasil penelitian, Fit Batik telah berhasil dibangun dan diimplementasikan dengan baik. Fitur coba pakai AR yang disediakan telah terbukti efektif dalam meningkatkan pengalaman berbelanja batik secara online. Hal ini dibuktikan dengan hasil survei yang menunjukkan bahwa 90% responden merasa sangat puas dengan pengalaman berbelanja menggunakan Fit Batik. Fitur coba pakai Fit Batik sangat bermanfaat dalam membantu mereka memilih pakaian batik yang sesuai.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kharisma, Rizqi Sukma
Uncontrolled Keywords: Batik, Pemasaran Batik, Teknologi Augmented Reality, Marketplace Batik, Fitur Coba Pakai.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:19
Last Modified: 30 Apr 2024 02:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25290

Actions (login required)

View Item View Item