{JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME PADA SCENE “ PERTARUNGAN AWAL KAI DENGAN SANG MONSTER” PADA ANIMASI 2D “TASKS”

Debora, Lio Nita (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME PADA SCENE “ PERTARUNGAN AWAL KAI DENGAN SANG MONSTER” PADA ANIMASI 2D “TASKS”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Jalur Magang Artist Sourcecode.zip
Restricted to Repository staff only

Download (113MB)

Abstract

Animasi merupakan suatu langkah awal dalam mengetahui bagaimana membuat suatu gambar yang tadinya diam (tidak bergerak) kemudian dengan kemampuan daya tangkap mata, dapat melihat adanya pergerakan dari gambat tersebut dan membuat gambar yang tadinya diam menjadi terlihat seakan-akan hidup. Dalam perkembangan animasi 2 dimensi yang dulunya hanya menggunakan kertas yang digambar satu persatu hingga saat ini perkembangan teknologi membuat semuanya semakin mudah dan cepat terutama dalam proses penciptaan animasi. saat ini perkembangan teknologi membuat semuanya semakin mudah dan efisien terutama dalam proses penciptaan animasi yang dimana menggunakan media yang lebih canggih yaitu media komputer. Dalam pembuatan animasi “TASKS” ini menggunakan software Clip Studio Paint untuk membuat sketsa kasar kemudian Toon Boom Harmony untuk menggerakan gambar serta menggunakan Teknik frame by frame yang dimana gambar disetiap frame nya dibuat satu per-satu dan berbeda antara satu gambar dengan gambar yang lain. Dalam disetiap satu detik nya terdapat 24 frame sampai 30 frame didalamnya. Dalam menggunakan teknik frame by frame ini membuat setiap gerakan yang dihasilkan terlihat halus dan lebih detail dalam penerapan gerakan aksi pada animasi dan menerapkan prinsip animasi dalam gerakannya. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan teknik frame by frame dapat menghasilkan animasi yang lebih halus dan dapat membuat gerakan-gerakan aksi yang rumit, detail dibandingkan dengan teknik cut out pada pembuatan animasi 2D.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Frame by frame, Prinsip animasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:55
Last Modified: 29 Apr 2024 07:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25253

Actions (login required)

View Item View Item