{JALUR MAGANG ARTIST} PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MODELLING KARAKTER GELMA DAN TEBI PADA FILM 3D ANIMASI "GELMA THE LITTLE GIRL"

Rifa’i, Aria Syafa (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MODELLING KARAKTER GELMA DAN TEBI PADA FILM 3D ANIMASI "GELMA THE LITTLE GIRL". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Magang Artis Source Code - Aria Syafa Rifa'i.zip
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

3D modeling adalah proses seni menciptakan representasi tiga dimensi dari karakter menggunakan perangkat lunak khusus. Proses ini melibatkan manipulasikan polygon, edges, dan vertices untuk membentuk struktur dasar pada karakter, diikuti oleh desain anatomi, ekspresi wajah, dan elemen visual lainnya. Texturing dapat diterapkan untuk menambahkan warna dan tekstur, sementara rigging menambahkan penulangan sehingga memungkinkan karakter dapat bergerak secara animatif. Film animasi 3D modern menyoroti kebutuhan akan karakter yang kompleks dan realistis untuk menyampaikan cerita dengan baik. Dalam film "Gelma The Little Girl", dengan tokoh utama Gelma, merupakan seorang gadis kecil yang memiliki jiwa moodyan, beserta karakter tambahan yaitu Tebi, Film ini menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Gelma, ia memiliki boneka beruang kesayangan yang ia namai Tebi. Tebi adalah sebuah boneka pemberian dari sang ayah ketika ia berulang tahun diusianya yang ke 2 tahun. Berdasarkan uraian diatas maka penulis akan mengimplementasikan teknologi tiga dimensi untuk membuat model karakter Gelma dan Tebi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan observasi, analisis meliputi kebutuhan fungsional dan non fungsional, produksi meliputi pra produksi, produksi, pasca produksi. Lalu dilanjutkan dengan evaluasi dan uji hasil kelayakan. Dari hasil uji kebutuhan didapatkan bahwa semua kebutuhan fungsional terpenuhi dan mendapatkan hasil uji kelayakan dengan skor 80% atau dapat dikategorikan “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: 3D, 3D Modelling, Animasi, Texturing, Karakter
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:47
Last Modified: 29 Apr 2024 02:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25143

Actions (login required)

View Item View Item