Haryprakoso, Thomas David (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BOLO SEGO MELALUI MEDIA SOSIAL TIK TOK DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (576kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Bolo Sego di media sosial tik tok dalam menarik pelanggan dan tantangan dalam mempertahankan eksistensi produk Bolo Sego. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan ilmu komunikasi terkhusus pada komunikasi pemasaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah pemilik usaha, karyawan, dan pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Bolo Sego, yaitu pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan salah satu media sosial yang cukup banyak penggunanya yakni tik tok, alasan pemilihan tiktok tersebut karena tiktok lebih banyak memiliki konten kreatif sehingga dalam memasarkan sesuatu sangatlah tepat. Adapun cara pemasaran yang dilakukan yakni melalui live di tik tok untuk mempromosikan produknya, selain itu juga dilakukan promosi dari iklan yang disediakan oleh tiktok dan juga melakukan pemotongan harga pada hari-hari tertentu (diskon) untuk menarik pelanggan yang lebih banyak. Adapun tantangan yang dihadapi dalam mempromosikan produknya yakni harus selalui menyiapkan ide-ide kreatif dalam pemasaran. Implikasi dalam penelitian ini khususnya kepada pihak Bolo Sego yaitu agar selalu menyiapkan konten-konten kreatif yang bisa menunjang pemasaran produknya dan juga memasarkannya di media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, dan X.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Bolo Sego, Tik Tok, Strategi Komunikasi Pemasaran | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 01:17 | ||
Last Modified: | 29 Apr 2024 01:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25111 |
Actions (login required)
View Item |