OBJEKTIFIKASI PEREMPUAN DALAM MEDIA INSTAGRAM @UICANTIKID

Halisi, Aisyah Ramadhani La (2024) OBJEKTIFIKASI PEREMPUAN DALAM MEDIA INSTAGRAM @UICANTIKID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan bagaimana bentuk praktik objektifikasi perempuan yang terjadi dalam kolom komentar akun Instagram @uicantikid. Pada akun tersebut menampilkan foto-foto perempuan yang merupakan mahasiswi Universitas Indonesia. Manfaat penelitian ini diharapkan menjadi tambahan wawasan, dan informasi dalam studi Ilmu Komunikasi, peneliti akademis dan masyarakat luas. Pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Dalam proses penelitiannya, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode analisis wacana kritis Sara Mills untuk mengetahui bagaimana bentuk objektifikasi terhadap perempuan dilihat dari posisi subjek, objek, dan pembaca dalam kolom komentar unggahan foto dari akun Instagram @uicantikid didukung dengan teori male gaze oleh Laura Mulvey. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa objektifikasi terhadap perempuan dalam akun Instagram @uicantikid adalah perempuan dijadikan sebagai ’objek tatapan’ bagi laki-laki. Foto yang menunjukkan kecantikan fisik perempuan dinikmati dan dijadikan bahan hiburan serta kepuasan imajinasi oleh laki-laki.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ratnaningtyas, Rr. Pramesthi
Uncontrolled Keywords: Objektifikasi, Perempuan, Instagram
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:11
Last Modified: 29 Apr 2024 01:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item View Item