Putri, Atanasia Tiara Adinda (2024) ANALISIS KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MENGOPTIMALKAN KEGIATAN BELAJAR SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN 1 BANTUL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (593kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
Abstract
Sekolah Luar Biasa Negeri Bantul merupakan sekolah yang dikhususkan untuk Anak Berkebutuhan Khusus yang sangat membantu untuk mengembangkan pengetahuan dan cara bersosialisasi dengan orang lain agar mereka dapat lebih percaya diri dan dapat bekerjasama dengan baik. Murid Berkebutuhan Khusus merupakan murid yang membutuhkan bimbingan dan perhatian lebih dibandingkaan dengan murid normal pada umumnya. Komunikasi kelompok baik secara verbal maupun non verbal sudah dilakukan dengan baik oleh para pengajar di SLBN 1 Bantul, para pengajar juga sudah melakukan upaya pendekatan komunikasi untuk membangun rasa percaya diri dan komunikasi yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pola komunikasi kelompok besar guru dengan Murid Berkebutuhan Khusus yang terjadi di ruang kelas dan menjelaskan tindak komunikatif yang terdapat dalam perilaku Murid Berkebutuhan Khusus melalui teori sintalitas yang dimana teori ini menekankan pada interaksi kelompok yang berdasarkan pada dimensi kelompok serta dinamika kepribadian atau perilaku tiap anggotanya. Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data – data yang akan diperoleh akan dianalis dan disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan murid dapat melakukan komunikasi dengan baik, guru dapat melakukan pendekatan komunikasi dan Murid Berkebutuhan Khusus dapat menerima pesan yang telah disampaikan oleh guru baik secara verbal maupun non verbal.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Anak Berkebutuhan Khusus, Komunikasi Kelompok, SLBN 1 Bantul. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Apr 2024 07:53 | ||
Last Modified: | 26 Apr 2024 07:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25105 |
Actions (login required)
View Item |