Fany Mauliawan, Ratriana (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME BASMI COVID BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (293kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9614-Ratriana Fany Mauliawan.rar Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9614-Ratriana Fany Mauliawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
Abstract
Virus Covid-19 mewabah di dunia pada tahun 2020, Covid-19 tidak hanya menyerang orang dewasa saja melainkan anak-anak dan remaja. Untuk itu setiap orang diwajibkan menerapkan protokol kesehatan 3M agar pesebaran virus Covid-19 tidak semakin menyebar. Tetapi pelanggaran dalam upaya pencegahan Covid-19 masih sering dijumpai diberbagai wilayah. Kesadaran masyarakat masih rendah dalam mematuhi protokol kesehatan, hal itu mengakibatkan orang yang terpapar virus semakin banyak dan mengakibatkan jumlah korban yang meninggal semakin bertambah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah mobile game Basmi Covid sebagai media kampanye pentingnya penerapan 3M untuk mencegah penularan virus Covid-19. Pada penilitian ini metode yang digunakan yaitu GDLC (Game Development Life Cycle), dimulai dari fase prototype/pembuatan konsep, preproduction, production, beta dan realease. Dari 5 fase tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 proses utama yaitu; Proses prototype yang terdiri dari konsep dan design, Proses produksi terdiri dari Pra-Produksi, Produksi, dan Pengujian (Alpha dan Beta), dan Release. Penulis menggunakan Game Maker Studio 2 dalam membuat aplikasi game Basmi Covid sebagai media permainan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perancangan game “Basmi Covid” sebagai kampanye penerapan 3M Covid-19 telah berhasil dikembangkan sesuai tahap – tahap pengembangan dan dapat berjalan lancar dalam sistem operasi android. Hasil uji coba game mendapatkan prosentase 85,33% sampai dengan 84% yang berarti game Basmi Covid ini menyenangkan serta dapat dimainkan dengan mudah dan dapat menjadi media kampanye penerapan 3M. Dengan ini Game “Basmi Covid” yang telah dirancang dan dibuat telah dinyatakan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Game Maker Studio 2, GDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:57 | ||
Last Modified: | 22 Aug 2023 02:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/251 |
Actions (login required)
View Item |