PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME BASMI COVID BERBASIS ANDROID

Fany Mauliawan, Ratriana (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME BASMI COVID BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9614-Ratriana Fany Mauliawan.rar
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9614-Ratriana Fany Mauliawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

Virus Covid-19 mewabah di dunia pada tahun 2020, Covid-19 tidak hanya menyerang orang dewasa saja melainkan anak-anak dan remaja. Untuk itu setiap orang diwajibkan menerapkan protokol kesehatan 3M agar pesebaran virus Covid-19 tidak semakin menyebar. Tetapi pelanggaran dalam upaya pencegahan Covid-19 masih sering dijumpai diberbagai wilayah. Kesadaran masyarakat masih rendah dalam mematuhi protokol kesehatan, hal itu mengakibatkan orang yang terpapar virus semakin banyak dan mengakibatkan jumlah korban yang meninggal semakin bertambah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah mobile game Basmi Covid sebagai media kampanye pentingnya penerapan 3M untuk mencegah penularan virus Covid-19. Pada penilitian ini metode yang digunakan yaitu GDLC (Game Development Life Cycle), dimulai dari fase prototype/pembuatan konsep, preproduction, production, beta dan realease. Dari 5 fase tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 proses utama yaitu; Proses prototype yang terdiri dari konsep dan design, Proses produksi terdiri dari Pra-Produksi, Produksi, dan Pengujian (Alpha dan Beta), dan Release. Penulis menggunakan Game Maker Studio 2 dalam membuat aplikasi game Basmi Covid sebagai media permainan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perancangan game “Basmi Covid” sebagai kampanye penerapan 3M Covid-19 telah berhasil dikembangkan sesuai tahap – tahap pengembangan dan dapat berjalan lancar dalam sistem operasi android. Hasil uji coba game mendapatkan prosentase 85,33% sampai dengan 84% yang berarti game Basmi Covid ini menyenangkan serta dapat dimainkan dengan mudah dan dapat menjadi media kampanye penerapan 3M. Dengan ini Game “Basmi Covid” yang telah dirancang dan dibuat telah dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Game Maker Studio 2, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:57
Last Modified: 22 Aug 2023 02:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item