Rokmaliah, Indriani (2024) TOLERANSI BUDAYA PADA IKLAN ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES DALAM IKLAN SARIWANGI “SAAT PERBEDAAN MEMISAHKAN, BICARA MENDEKATKAN”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (449kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (51kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
Abstract
Toleransi menjadi hal yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Dengan penyampaian pesan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya melalui iklan teh SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’. Iklan teh SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’ ini tidak hanya bertujuan untuk mengiklankan produk tehnya saja, tetapi juga berusaha menggambarkan bagaimana toleransi perbedaan budaya di Indonesia dan bagaimana pesan tersebut ingin disampaikan kepada penonton melaui cerita yang ada dalam iklan teh SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’ . Peneliti akan menganalisis iklan teh SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’ dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis semiotika milik Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengalisis pesan, tanda, dan makna yang ada serta menjabarkan makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada dalam iklan SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’ dalam merepresentasikan toleransi budaya yang ada. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis peneliti. Terdapat makna denotasi, konotasi dan mitos pada iklan teh SariWangi berdasarkan potongan adegan yang ada.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika Roland Barthes, Iklan, Toleransi Budaya, SariWangi. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Apr 2024 07:35 | ||
Last Modified: | 26 Apr 2024 07:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25089 |
Actions (login required)
View Item |