TOLERANSI BUDAYA PADA IKLAN ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES DALAM IKLAN SARIWANGI “SAAT PERBEDAAN MEMISAHKAN, BICARA MENDEKATKAN”

Rokmaliah, Indriani (2024) TOLERANSI BUDAYA PADA IKLAN ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES DALAM IKLAN SARIWANGI “SAAT PERBEDAAN MEMISAHKAN, BICARA MENDEKATKAN”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (449kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)

Abstract

Toleransi menjadi hal yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Dengan penyampaian pesan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya melalui iklan teh SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’. Iklan teh SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’ ini tidak hanya bertujuan untuk mengiklankan produk tehnya saja, tetapi juga berusaha menggambarkan bagaimana toleransi perbedaan budaya di Indonesia dan bagaimana pesan tersebut ingin disampaikan kepada penonton melaui cerita yang ada dalam iklan teh SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’ . Peneliti akan menganalisis iklan teh SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’ dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis semiotika milik Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengalisis pesan, tanda, dan makna yang ada serta menjabarkan makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada dalam iklan SariWangi ‘Saat Perbedaan Memisahkan, Bicara Mendekatkan’ dalam merepresentasikan toleransi budaya yang ada. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis peneliti. Terdapat makna denotasi, konotasi dan mitos pada iklan teh SariWangi berdasarkan potongan adegan yang ada.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa`adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Semiotika Roland Barthes, Iklan, Toleransi Budaya, SariWangi.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:35
Last Modified: 26 Apr 2024 07:35
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25089

Actions (login required)

View Item View Item