STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PASCA PRODUKSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUCTION VALUE PROGRAM TALKSHOW TELEVISI LOKAL

Putra, Raden Albion Ashar Purnama (2024) STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PASCA PRODUKSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUCTION VALUE PROGRAM TALKSHOW TELEVISI LOKAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mengenal proses produksi siaran televisi digital dan proses manajemen data pada produksi siaran televisi secara umum khususnya pada program siaran televisi lokal yang mengimplementasikan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Strategi manajamen komunikasi pascaproduksi Talkcation dalam mengolah data audio visual sebagai salah satu elemen paling penting dalam produksi. Melalui tahapan ini proses penyuntingan berkelanjutan seperti proses manajemen file, konsistensi warna dan suara yang konsisten, penyuntingan gambar, penyuntingan suara, dan animator telah diteliti secara mendalam Dalam penelitian ini, peneliti memanfaatkan program “Talkcation” siaran televisi lokal Reksa Birama Televisi. Metode analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk penelitian ini karena mengacu pada fokus penelitian pada aktivitas pascaproduksi. Setelah melakukan pengambilan data primer dan sekunder hingga mencapai kesimpulan bahwa terdapat metode manajemen pascaproduksi berupa pengorganisasian, perencanaan, dan pengarahan untuk mencapai nilai produksi yang diinginkan. Selain itu, pola komunikasi yang digunakan selama pascaproduksi memiliki batasan dan regulasi untuk mengakses materi produksi sehingga hanya dibatasi pada tim pascaproduksi yang bertugas. Selain itu, penerapan efek visual khusus dengan menggunakan color pallete secara konsisten disetiap episodenya sebagai nilai tambah untuk mencapai daya tarik visual dengan berbalut pesan informatif melalui gestur animasi. Terdapat hambatan internal yang terjadi menunjukan keterbatasan pengalaman dan keahlian kru pascaproduksi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Manajemen Komunikasi Pascaproduksi, Penyuntingan Gambar, Program Televisi, Talkshow, Talkcation
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:10
Last Modified: 26 Apr 2024 07:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item View Item