PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGIAN BAGIAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE PADA SD NEGERI 1 BANTUL

Fadholi, Abinsa Sakti Nur (2024) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGIAN BAGIAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE PADA SD NEGERI 1 BANTUL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Abinsa Sakti Nur Fadholi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam era teknologi informasi saat ini, guru harus memahami penggunaan teknologi sebagai alat dan bahan ajar yang sangat dibutuhkan siswa untuk menciptakan suasana belajar menjadi aktif dan interaktif. Dalam kegiatan pembelajaran, definisi media akan lebih mengerucut pada fungsi media sebagai perantara yang dapat menunjang dan membantu siswa dalam memahami konsep materi pada proses pembelajaran. Menurut Luther, metodologi pengembangan multimedia terdiri dari enam tahap, yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pemasangan elemen multimedia (assembly), pengujian (testing), dan distribusi (distribution). Dari keenam tahapan Luther. Metode ini dianggap paling tepat karena memiliki tahapan yang urut dan mudah diaplikasikan. Aplikasi media pembelajaran interaktif “Bagian Bagian Tumbuhan” ini dapat digunakan untuk media pembelajaran di SD Negeri 1 Bantul. Didalam aplikasi ini berisikan materi bagian bagian tumbuhan, macam tumbuhan, dan terdapat quiz yang berisikan soal pilihan ganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan presentase sebesar 88,21% , maka aplikasi media interaktif bagian bagian tumbuhan sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial di SD Negeri 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aziza, Rifda Faticha Alfa
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Interaktif, Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:06
Last Modified: 26 Apr 2024 03:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25008

Actions (login required)

View Item View Item