PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN SATWA LANGKA DI INDONESIA

Julianto, Muhammad Rayhan Wahyu (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN SATWA LANGKA DI INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Muhammad Rayhan Wahyu Julianto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (57MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)

Abstract

Media hiburan pada abad 21 berkembang dengan sangat cepat khususnya smartphone, untuk kalangan siswa sekolah dasar smartphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari bahkan sering menghalangi anak anak dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi menuntut masyarakat untuk lebih kreatif dalam mendidik masa depan bangsa, masalah modern dibutuhkan solusi modern dengan memanfaatkan game untuk menyampaikan ilmu pengetahuan yang berguna untuk anak yang disebut game edukasi. Game edukasi merupakan cara alternatif anak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, selain dari itu game edukasi dapat meningkatkan kemauan anak sekolah dasar untuk belajar. Dibalik itu adapun ilmu pengetahuan alam yang harus diketahui sejak dini yaitu pentingnya mengenal dan melestarikan satwa langka demi menyelamatkan kehidupan di bumi. Untuk itu dibuatlah sebuah game edukasi “Pengenalan Satwa Langka di Indonesia”. Game edukasi yang dibuat berbasis android menggunakan aplikasi Construct 2. Penelitian ini diuji dengan pengujian Alpha dan Beta. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan merangkum jawaban hasil kuisioner dari 30 responden, dapat disimpulkan bahwa responden setuju dengan kelayakan game edukasi ini untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang menarik dan bermanfaat bagi murid sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Mobile Game, Android, Construct, Edukasi.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:44
Last Modified: 25 Apr 2024 06:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24947

Actions (login required)

View Item View Item