Julianto, Muhammad Rayhan Wahyu (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN SATWA LANGKA DI INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (525kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (48kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Muhammad Rayhan Wahyu Julianto.zip Restricted to Repository staff only Download (57MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
Abstract
Media hiburan pada abad 21 berkembang dengan sangat cepat khususnya smartphone, untuk kalangan siswa sekolah dasar smartphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari bahkan sering menghalangi anak anak dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi menuntut masyarakat untuk lebih kreatif dalam mendidik masa depan bangsa, masalah modern dibutuhkan solusi modern dengan memanfaatkan game untuk menyampaikan ilmu pengetahuan yang berguna untuk anak yang disebut game edukasi. Game edukasi merupakan cara alternatif anak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, selain dari itu game edukasi dapat meningkatkan kemauan anak sekolah dasar untuk belajar. Dibalik itu adapun ilmu pengetahuan alam yang harus diketahui sejak dini yaitu pentingnya mengenal dan melestarikan satwa langka demi menyelamatkan kehidupan di bumi. Untuk itu dibuatlah sebuah game edukasi “Pengenalan Satwa Langka di Indonesia”. Game edukasi yang dibuat berbasis android menggunakan aplikasi Construct 2. Penelitian ini diuji dengan pengujian Alpha dan Beta. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan merangkum jawaban hasil kuisioner dari 30 responden, dapat disimpulkan bahwa responden setuju dengan kelayakan game edukasi ini untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang menarik dan bermanfaat bagi murid sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Mobile Game, Android, Construct, Edukasi. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 06:44 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24947 |
Actions (login required)
View Item |