Kurniawan, Reza (2024) PENERAPAN ANIMASI 3D DALAM MENGILUSTRASIKAN RUMAH BETANG DAYAK LINOH MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL MODELLING AUTODESK MAYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (909kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Reza Kurniawan.zip Restricted to Repository staff only Download (286MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rumah betang adalah pusat kebudayaan karena disanalah seluruh kegiatan dan segala proses kehidupan berjalan dari waktu ke waktu. Rumah Betang merupakan simbol kearifan lokal masyarakat adat di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan.Sistem nilai budaya yang dihasilkan dari proses kehidupan rumah betang, menyangkut soal makna dari hidup manusia, makna dari pekerjaan, karya dan amal perbuatan persepsi mengenai waktu, hubungan manusia dengan alam sekitar, soal hubungan dengan sesama. Dalam rangka untuk mensosialisaikan dan menginformasikan Rumah Betang Kalimantan Barat perlu adanya suatu media yang dapat digunakan sebagai sarana informasi. Media tersebut berupa Animasi 3D untuk menarik perhatian masyarakat dalam mengenal Rumah Betang khususnya masyarakat Kalimantan Barat. Oleh sebab itu peneliti ingin membuat sebuah animasi 3d menggunakan software Autodesk Maya. Animasi tersebut berisi media grafis yaitu berupa gambar, arsitektur gedung, property, tulisan dan audio. Adapun tujuan penelitian ini sebagai media pembelajaran kepada masyarakat khusunya masyarakat Kalimantan barat. Penelitian ini menghasilkan sebuah media animasi yang mudah dipahami serta bermanfaat dalam rangka mempromosikan Rumah Betang. Penelitian ini menggunanakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Adapun teknik pemodelan yang digunakan yaitu pemodelan primitive dan pemodelan polygon, kemudian proses environment, teksturing, animating camera operation serta ke tahap rendering dan video animasi 3D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Rumah Betang, Polygonal Modelling, Autodesk Maya, Animasi 3D | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 06:09 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:09 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24933 |
Actions (login required)
View Item |