PENERAPAN ANIMASI 3D DALAM MENGILUSTRASIKAN RUMAH BETANG DAYAK LINOH MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL MODELLING AUTODESK MAYA

Kurniawan, Reza (2024) PENERAPAN ANIMASI 3D DALAM MENGILUSTRASIKAN RUMAH BETANG DAYAK LINOH MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL MODELLING AUTODESK MAYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Reza Kurniawan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (286MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah betang adalah pusat kebudayaan karena disanalah seluruh kegiatan dan segala proses kehidupan berjalan dari waktu ke waktu. Rumah Betang merupakan simbol kearifan lokal masyarakat adat di Indonesia, khususnya Pulau Kalimantan.Sistem nilai budaya yang dihasilkan dari proses kehidupan rumah betang, menyangkut soal makna dari hidup manusia, makna dari pekerjaan, karya dan amal perbuatan persepsi mengenai waktu, hubungan manusia dengan alam sekitar, soal hubungan dengan sesama. Dalam rangka untuk mensosialisaikan dan menginformasikan Rumah Betang Kalimantan Barat perlu adanya suatu media yang dapat digunakan sebagai sarana informasi. Media tersebut berupa Animasi 3D untuk menarik perhatian masyarakat dalam mengenal Rumah Betang khususnya masyarakat Kalimantan Barat. Oleh sebab itu peneliti ingin membuat sebuah animasi 3d menggunakan software Autodesk Maya. Animasi tersebut berisi media grafis yaitu berupa gambar, arsitektur gedung, property, tulisan dan audio. Adapun tujuan penelitian ini sebagai media pembelajaran kepada masyarakat khusunya masyarakat Kalimantan barat. Penelitian ini menghasilkan sebuah media animasi yang mudah dipahami serta bermanfaat dalam rangka mempromosikan Rumah Betang. Penelitian ini menggunanakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Adapun teknik pemodelan yang digunakan yaitu pemodelan primitive dan pemodelan polygon, kemudian proses environment, teksturing, animating camera operation serta ke tahap rendering dan video animasi 3D.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rizky, Rizky
Uncontrolled Keywords: Rumah Betang, Polygonal Modelling, Autodesk Maya, Animasi 3D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:09
Last Modified: 25 Apr 2024 06:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24933

Actions (login required)

View Item View Item