PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TK ABA KARANGHARJO

Pratama, Okta Eka (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TK ABA KARANGHARJO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Okta Eka Pratama.zip
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

Perkembangan teknologi membawa inovasi dalam pendidikan, salah satunya adalah Teknologi Augmented Reality (AR), yang menjadi solusi untuk meningkatkan kreativitas dan daya tarik dalam media pembelajaran. Di TK ABA Karangharjo, materi pengenalan profesi masih menggunakan metode tradisional, seperti buku bergambar 2D, yang kurang interaktif. Dampaknya, minat belajar anak terhadap berbagai jenis pekerjaan menjadi rendah dan mudah cepat merasa bosan, sehingga perlu adanya pengalaman baru dengan solusi yang lebih inovatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka sebagai langkah-langkah untuk mengumpulkan data. Wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah TK ABA Karangharjo, observasi dilakukan secara langsung dengan mendatangi TK tersebut, dan studi pustaka mencakup informasi dari jurnal terkait augmented reality, media pembelajaran, Blender, Vuforia, dan Unity. Analisis informasi terbaru dilakukan untuk menentukan kesalahan yang perlu diperbaiki dari penelitian sebelumnya. Selanjutnya, pengembangan augmented reality direncanakan dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing untuk memastikan keberhasilan implementasi. Evaluasi pengguna dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan menyebar ke beberapa responden untuk menilai keseluruhan project. Melalui pengembangan augmented reality sebagai media pembelajaran profesi, diharapkan dapat mendorong pemahaman anak TK terhadap berbagai jenis pekerjaan dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Kontribusi terletak pada pembuatan aplikasi profesi dengan menerapkan teknologi augmented reality dalam pendidikan anak usia dini, membantu untuk mengenali dan menghargai berbagai profesi. Hasil pengujian di TK ABA Karangharjo menunjukkan bahwa aplikasi augmented reality pengenalan profesi ini layak digunakan, sesuai dengan metode-metode yang telah diimplementasikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nasiri, Asro
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Media pembelajaran, Pengenalan profesi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:36
Last Modified: 25 Apr 2024 04:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24924

Actions (login required)

View Item View Item