Pratama, Okta Eka (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA TK ABA KARANGHARJO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Okta Eka Pratama.zip Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi membawa inovasi dalam pendidikan, salah satunya adalah Teknologi Augmented Reality (AR), yang menjadi solusi untuk meningkatkan kreativitas dan daya tarik dalam media pembelajaran. Di TK ABA Karangharjo, materi pengenalan profesi masih menggunakan metode tradisional, seperti buku bergambar 2D, yang kurang interaktif. Dampaknya, minat belajar anak terhadap berbagai jenis pekerjaan menjadi rendah dan mudah cepat merasa bosan, sehingga perlu adanya pengalaman baru dengan solusi yang lebih inovatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka sebagai langkah-langkah untuk mengumpulkan data. Wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah TK ABA Karangharjo, observasi dilakukan secara langsung dengan mendatangi TK tersebut, dan studi pustaka mencakup informasi dari jurnal terkait augmented reality, media pembelajaran, Blender, Vuforia, dan Unity. Analisis informasi terbaru dilakukan untuk menentukan kesalahan yang perlu diperbaiki dari penelitian sebelumnya. Selanjutnya, pengembangan augmented reality direncanakan dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing untuk memastikan keberhasilan implementasi. Evaluasi pengguna dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan menyebar ke beberapa responden untuk menilai keseluruhan project. Melalui pengembangan augmented reality sebagai media pembelajaran profesi, diharapkan dapat mendorong pemahaman anak TK terhadap berbagai jenis pekerjaan dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Kontribusi terletak pada pembuatan aplikasi profesi dengan menerapkan teknologi augmented reality dalam pendidikan anak usia dini, membantu untuk mengenali dan menghargai berbagai profesi. Hasil pengujian di TK ABA Karangharjo menunjukkan bahwa aplikasi augmented reality pengenalan profesi ini layak digunakan, sesuai dengan metode-metode yang telah diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, Media pembelajaran, Pengenalan profesi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:36 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24924 |
Actions (login required)
View Item |