Syafrilia, Dwi (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY 3D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (945kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Dwi Syafrilia.zip Restricted to Repository staff only Download (187MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, peningkatan minat generasi muda terhadap kelestarian budaya Indonesia sangat kurang. Sehingga, keberagaman budaya Indonesia sangat perlu diajarkan pada anak sejak dini. Namun, banyaknya suku dan budaya yang harus dipelajari, serta penerapan metode konvensional pada masa sekarang ini akan membuat anak cepat merasa jenuh dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memadukan budaya dan perkembangan teknologi melalui media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif sangat diperlukan guna menambah antusiasme belajar anak. Dengan tampilan yang menarik mulai dari gambar, suara, dan animasi yang ditampilkan akan mempermudah anak dalam memahami serta mengenal keragaman budaya di Indonesia. Media pembelajaran interaktif juga bertujuan untuk membantu orang tua atau guru dalam menciptakan bahan ajar yang lebih inovatif. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi 6 tahapan diantaranya Concept, Design, Material Collecting, Assembly, dan Testing. Dalam perancangannya media pembelajaran interaktif pengenalan keragaman budaya Indonesia ini menggunakan Unity 3D dan Visual Studio untuk merancang program hasil akhir aplikasi berbasis android, serta Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Capcut untuk desain aset. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan menggunakan black box, seluruh fungsionalitas pada aplikasi berfungsi dengan baik serta sesuai dengan rancangan awal. Berdasarkan hasil pengujian beta yang dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner kepada siswa, mahasiswa, guru, dan masyarakat umum mendapatkan hasil respon pengguna sebanyak 32 responden, serta memperoleh persentase nilai sebanyak 90,7% yang dapat diartikan bahwa aplikasi ini masuk dalam kategorikan sangat layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Keragaman Budaya Indonesia, Unity 3D, MDLC (Multimedia Development Life Cycle). | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:42 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24899 |
Actions (login required)
View Item |