ANALISIS PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI VIDEO EDITING VEGAS PRO DAN EDIUS MENGGUNAKAN METODE UX CURVE

Nurwakhid, Addnan (2024) ANALISIS PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI VIDEO EDITING VEGAS PRO DAN EDIUS MENGGUNAKAN METODE UX CURVE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Teknologi informasi membuka akses terhadap perkembangan editing video, salah satunya aplikasi editing video yang semakin kompleks. Terdapat dua aplikasi wditing video yang sering digunakan di Indonesia, yaitu Vegas Pro dan Edius. Dalam persaingan produk digital, pengalaman pengguna (user experience) adalah salah satu aspek yang penting. Penelitian ini membandingkan perubahan pengalaman pengguna terhadap dua aplikasi: Vegas Pro dan Edius. Kedua aplikasi tersebut merupakan dua perangkat lunak yang populer dan sering digunakan oleh para profesional di bidang editing video, keduanya tentunya memiliki perbedaan kelebihan dan kekurangan masing-masing baik itu dari segi fitur atau tampilan yang pastinya membuat pengalaman pengguna yang berbeda pula. Dampak dari ketidaktahuan dari pemilihan aplikasi editing adalah menjadikan mahasiswa memiliki jangka waktu yang lebih lama untuk memahami UX aplikasi yang dipakai. Edius dan Vegas Pro adalah aplikasi yang biasanya digunakan oleh pemula dalam editing video karena keduanya mempunyai UX yang mudah digunakan diawal belajar pengeditan video. UX Curve merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menangkap pengalaman pengguna dalam jangka panjang berdasarkan ingatan responden. Terdapat 10 responden mahasiswa dengan rentang umur 17-25 tahun yang dilibatkan dalam penelitian. Masing-masing responden diminta menggambarkan lima kurva untuk masing-masing dimensi UX Curve: general UX, Attractiveness, ease-of-use, utility, dan degree of use untuk masing-masing aplikasi. Hasil analisis perbandingan menunjukkan bahwa pengguna Vegas Pro dan Edius sama-sama merasakan peningkatan pengalaman pengguna sejak pertama kali menggunakan aplikasi. Pada awal penggunaan Edius dipersepsikan lebih positif daripada Vegas Pro. Namun kemudian pengalaman penggunaan Vegas Pro mengalami peningkatan sedangkan Edius mengalami penurunan. Walaupun pada akhirnya, pengalaman pengguna kedua aplikasi cenderung meningkat. Seluruh responden melaporkan pengalaman positif juga negatif yang mengakibatkan peningkatan atau penurunan grafik pada kurva. Alasan perubahan yang paling banyak disampaikan oleh responden terkait aspek usability dan utility. Setelah mengetahui bagaimana kedua aplikasi yaitu Edius dan Vegas Pro responden semakin yakin dan akan menyarankan aplikasi Edius dan Vegas Pro yang menurut mereka lebih mudah digunakan diawal belajar menggunakan aplikasi video editing.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Andriani, Ria
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi, UX Curve, Vegas Pro, Edius, Pengalaman Pengguna
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:19
Last Modified: 25 Apr 2024 03:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24893

Actions (login required)

View Item View Item