PEMBUATAN KONTEN VIDEO ”FIBERSTREAM” MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC (STUDI KASUS PT. MEDIA SARANA DATA)

Kuncoro, Roderikus Berniko Bimo (2024) PEMBUATAN KONTEN VIDEO ”FIBERSTREAM” MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC (STUDI KASUS PT. MEDIA SARANA DATA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Roderikus Berniko Bimo Kuncoro.zip
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Pada era digital sekarang ini teknologi informasi semakin maju, seiring dengan berkembangnya ide dan kreatifitas para ahli teknologi. Perkembangan multimedia saat ini memberikan peluang bagi masyarakat untuk mempermudah aktivitas mereka sehari-hari, salah satu pemanfaatan multimedia sebagai media promosi [2]. Salah satu variasi media dalam menyajikan sebuah informasi adalah motion graphic, motion graphic menggabungkan semua elemen multimedia seperti gambar, teks, suara dan animasi dalam menyajikan informasi yang menarik. Sehingga audiens yang menyaksikan lebih tertarik untuk mengikuti informasi yang disajikan. Media promosi yang menggunkan teknik motion graphic informasi yang di sajikan mudah untuk dimengerti karena informasi yang disampaikan berbentuk visual dan audio [3]. Berdasarkan hal tersebut Penelitian memvisualisasikan produk internet rumahan Fiberstream dari PT. Media Sarana Data (GMEDIA) sebagai pembaharuan model iklan sebelumnya untuk media sosial Instagram sebagai media informasi kepada konsumen. Dalam perancangan motion graphic terdapat 3 tahapan yaitu tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. software yang digunakan untuk pembuatan motion graphic terdiri dari adobe photoshop, adobe illustrator, adobe after effect, adobe premier pro, adobe media encode. Kegiatan pra produksi meliputi mempersiapkan ide dan konsep yaitu promo akhir tahun pada harga dan penambahan kecepatan wifi untuk pelanggan fiberstream Gmedia, pembuatan storybuard dan naskah. tahap produksi dilakukan pengumpulan asset video melalui software adobe illustrator dan photoshop, kemudian adobe after effect digunakan untuk pembuatan motion graphic. setelah konten selesai dibuat maka rendering menggunakan adobe media encode karena hasil export dari software ini dapat menghasilkan format file H.264. penambahan backsound dan transisis ini penulis menggunakan adobe premiere pro 2021. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa iklan promo akhir tahun berupa motion graphic fiberstream.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Motion Graphic, Adobe, Multimedia, Media Promosi, GMEDIA.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:59
Last Modified: 25 Apr 2024 02:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24888

Actions (login required)

View Item View Item