PEMANFAATAN UNITY 3D UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA STUDI KASUS: RUMAH SEKOLAH

Antus, Turibius Poleman (2024) PEMANFAATAN UNITY 3D UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA STUDI KASUS: RUMAH SEKOLAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Turibius Poleman Antus.zip
Restricted to Repository staff only

Download (142MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan di Rumah Sekolah untuk mengajar anak-anak usia dini selama ini masih menggunakan buku atau gambar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Unity 3D yang dapat membantu anak usia 3-5 tahun dalam mengenal huruf dan angka di rumah sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang melibatkan beberapa tahap, termasuk analisis kebutuhan anak usia 3-5 tahun dalam pembelajaran huruf alfabet dan angka, perancangan antarmuka pengguna yang sesuai dengan karakteristik anakanak, pengembangan konten pembelajaran interaktif menggunakan teknologi Unity 3D, serta evaluasi dan uji coba media pembelajaran dengan target pengguna yang sesuai. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran interaktif yang menggabungkan unsur-unsur permainan dan pendidikan. Media ini dirancang dengan grafis yang menarik dan musik yang sesuai dengan selera anak-anak. Dan juga konten pembelajaran mencakup pengenalan huruf alfabet dan angka dengan metode yang interaktif dan menghibur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan anak usia dini di Rumah Sekolah. Media pembelajaran interaktif ini dapat membantu anak-anak untuk belajar dengan lebih efektif sambil tetap merasa terlibat dan bersenang-senang. Selain itu, penggunaan teknologi Unity 3D dalam pembelajaran anak usia dini juga dapat menjadi contoh penerapan teknologi dalam pendidikan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wardhana, Raditya
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Unity 3D, Huruf, Angka, Anak Usia 3-5 Tahun.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:34
Last Modified: 25 Apr 2024 01:34
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24846

Actions (login required)

View Item View Item