APLIKASI PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE ANDROID

Kusumaningrum, Tofia Rahmanmega (2024) APLIKASI PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Tofia Rahmanmega Kusumaningrum.zip
Restricted to Repository staff only

Download (165MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada perancangan aplikasi pengenalan hewan untuk anak usia dini dengan menggunakan teknologi augmented reality berbasis mobile android. Aplikasi dikembangkan menggunakan model Multimedia Development Life Cycle, yang terdiri dari enam tahap: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, dan Distribution. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan sistem UML yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini telah berhasil melewati tiga tahap pengujian yaitu pengujian black box, pengujian kompatibilitas, dan pengujian user acceptance. Hasil daripada ketiga pengujian tersebut menunjukan bahwa produk berfungsi dengan baik dan sesuai dengan harapan, antarmuka yang responsif ketika digunakan pada ukuran layar yang berbeda serta object 3D terdeteksi dengan baik, dan setelah didistribusikan melalui Play Store, hasil penghitungan rata-rata skor dari seluruh responden pengguna produk adalah sebesar 98% yang mana itu berarti, aplikasi ini sangat baik. Namun aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan seperti kemampuan menambah, mengurangi, dan memperbaharui model hewan 3D, serta jumlah model hewan 3D yang disediakan. Perancangan aplikasi pengenalan hewan untuk anak usia dini dengan menggunakan teknologi augmented reality berbasis mobile android diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dengan cara yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Mobile Android, Multimedia Development Life Cycle
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:30
Last Modified: 24 Apr 2024 07:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24816

Actions (login required)

View Item View Item