PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME ANDROID PUZZLE HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Hapsari, Marsha Recha (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME ANDROID PUZZLE HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.1814-Marsha Recha Hapsari.zip
Restricted to Repository staff only

Download (158MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.1814-Marsha Recha Hapsari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)

Abstract

Semenjak pembelajaran di Indonesia berubah menjadi pembelajaran daring, banyak anak usia dini yang mengalami gagal fokus antara bermain dan belajar. Bukan hanya belajar dalam pelajaran umum, namun juga dalam pelajaran agama. Penggunaan game pada smartphone yang berlebihan juga menjadi salah satu faktor penyebab anak-anak mengalami gagal fokus dalam proses belajar. Dengan memanfaatkan minat anak zaman sekarang yang tinggi terhadap game, perancangan dan pembuatan game android puzzle huruf hijaiyah diharapkan bisa menjadi media pembelajaran yang asyik dan menarik bagi anak usia dini. Penelitian ini bersubjek pada anak didik di TKIT Al-Hidayah Plumpung dan dirancang menggunakan Construct 2. Construct 2 adalah tools pembuat game yang dikhususkan untuk mesin video game 2-Dimensi dan berbasis HTML 5. Menggunakan metode Game Development Life Cycle permainan ini dirancang sedemikian rupa guna memenuhi kebutuhan user, serta menerapkan ketentuan game rating dari Indonesia Game Rating System untuk mengelompokkan genre game. Penggunaan UML sebagai gambaran interaksi antara user dengan use case dengan scenario yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini berupa game puzzle yang mudah dimainkan dan juga menampilkan visual berupa gambar dan musik yang menarik, agar lebih memudahkan anak usia dini untuk mengingat. Permainan ini bersifat single player dan hanya bisa dimainkan pada perangkat android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Construct 2, Media Pembelajaran, Android, Permainan Puzzle
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:55
Last Modified: 22 Aug 2023 02:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item