Fadlun, Izul (2024) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI METAMORFOSIS KUPU – KUPU MENGGUNAKAN METODE MARKER -BASED PADA SDN 1 KEPURUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Izul Fadlun.zip Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Augmented Reality merupakan sebuah konsep menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata untuk menghasilkan informasi dari data yang diambil dari sebuah sistem pada objek nyata yang ditunjuk sehingga batas antara keduanya menjadi semakin tipis. Augmented Reality dapat menciptakan interaksi antara dunia nyata dengan dunia maya, semua informasi dapat ditambahkan sehingga informasi tersebut ditampilkan secara real time seolah-olah informasi tersebut menjadi interaktif dan nyata. Dengan adannya teknologi Augmented Reality materi pembelajaran yang sebelumnnya sulit digambarkan menjadi sangat mungkin. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi augmented reality dalam proses pembelajaran misalnya media pembelajaraan metamorfosis kupu – kupu berbasis android dan teknologi AR. Untuk media pembelajaran Augmented Reality untuk media pembelajaran menggunakan metode Marker Based. Penelitian ini Aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran pada metamorfosis kupu – kupu yang telah dibuat menampilkan objek 3D, berserta suara dari setiap objek pada tahap – tahap metamorfosis dan. Pada penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development lifer Cycle (MDLC) Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaraan Materi metamorfosis Kupu – kupu bagi siswa SDN 1 Kepurun kelas 3 yang diharapkan mampu membantu proses pembelajaraan yang lebih efektif, Presentase Aplikasi media pembelajaraan metamorfosis ini mendaptakan nilai yang sangat baik dengan 85%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Metamorfosis Kupu – kupu, Media Pembelajaran, Android, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Marker Based. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 06:28 | ||
Last Modified: | 24 Apr 2024 06:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24799 |
Actions (login required)
View Item |