IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI METAMORFOSIS KUPU – KUPU MENGGUNAKAN METODE MARKER -BASED PADA SDN 1 KEPURUN

Fadlun, Izul (2024) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI METAMORFOSIS KUPU – KUPU MENGGUNAKAN METODE MARKER -BASED PADA SDN 1 KEPURUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Izul Fadlun.zip
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Augmented Reality merupakan sebuah konsep menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata untuk menghasilkan informasi dari data yang diambil dari sebuah sistem pada objek nyata yang ditunjuk sehingga batas antara keduanya menjadi semakin tipis. Augmented Reality dapat menciptakan interaksi antara dunia nyata dengan dunia maya, semua informasi dapat ditambahkan sehingga informasi tersebut ditampilkan secara real time seolah-olah informasi tersebut menjadi interaktif dan nyata. Dengan adannya teknologi Augmented Reality materi pembelajaran yang sebelumnnya sulit digambarkan menjadi sangat mungkin. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi augmented reality dalam proses pembelajaran misalnya media pembelajaraan metamorfosis kupu – kupu berbasis android dan teknologi AR. Untuk media pembelajaran Augmented Reality untuk media pembelajaran menggunakan metode Marker Based. Penelitian ini Aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran pada metamorfosis kupu – kupu yang telah dibuat menampilkan objek 3D, berserta suara dari setiap objek pada tahap – tahap metamorfosis dan. Pada penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development lifer Cycle (MDLC) Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaraan Materi metamorfosis Kupu – kupu bagi siswa SDN 1 Kepurun kelas 3 yang diharapkan mampu membantu proses pembelajaraan yang lebih efektif, Presentase Aplikasi media pembelajaraan metamorfosis ini mendaptakan nilai yang sangat baik dengan 85%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Metamorfosis Kupu – kupu, Media Pembelajaran, Android, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Marker Based.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:28
Last Modified: 24 Apr 2024 06:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24799

Actions (login required)

View Item View Item