IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME DAN MOTION GRAPHIC PADA PEMBUATAN ANIMASI 2D “DUMbPLING”

Fernanda, Adinda Putri Nabilla (2023) IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME DAN MOTION GRAPHIC PADA PEMBUATAN ANIMASI 2D “DUMbPLING”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Adinda Putri Nabilla Fernanda.zip
Restricted to Repository staff only

Download (76MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)

Abstract

Revolusi industry dari 4.0 ke 5.0 atau yang lebih dikenal dengan era society ini, adanya relation antara kehidupan masyarakat dengan penggunaan teknologi tidak lagi terelakkan. Animasi sebagai salah satu jenis sektor ekonomi kreatif di Indonesia saat ini sudah mulai dapat mengimbangi tingginya tingkat modernisasi di berbagai sektor ekonomi. Jenis animasi yang sekarang banyak berkembang baik dalam skala nasional dan internasional adalah animasi 2D dan animasi 3D. Hanya saja jika dilihat dari beberapa film animasi Indonesia saat ini yang sudah masuk dalam media massa dalam skala besar dan berkelanjutan masih di dominasi oleh animasi 3D. Sedangkan animasi 2D banyaknya diproduksi dalam skala kecil dan ditayangkan pada kanal-kanal over the top (OTT) seperti Youtube, Instragram, dll. Padahal faktanya, di Jepang animasi 2D merupakan salah satu industri kreatif yang saat ini dapat menembus pasar Internasional dan mendunia. Pada pembuatan animasi 2D sendiri, terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan, dua diantaranya adalah teknik Frame by Frame dan teknik Motion Graphic. Frame by Frame biasanya digunakan untuk menghasilkan gerakan yang spesifik dan halus sedangkan dalam teknik Motion Graphic meskipun dapat menghasilkan gerakan yang halus namun gerakan yang dihasilkan lebih minim atau terbatas. Berdasarkan pemaparan masalah diatas, penulis membuat film animasi 2D berjudul “DUMbPLING” menggunakan gabungan antara teknik Frame by Frame dan Motion Graphic. Teknik Motion Graphic digunakan pada opening film dan Frame by Frame digunakan pada bagian inti animasi atau pada bagian karakter utama mulai diceritakan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Frame by Frame, Motion Graphic, Chinese Dumpling
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:25
Last Modified: 24 Apr 2024 06:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24797

Actions (login required)

View Item View Item