Yudhistira, Akhmad (2023) PENYELARASAN TRACKING PADA MULUT UNTUK KARAKTER WAJAH LIVE 2D VIRTUAL YOUTUBER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (916kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (58kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Akhmad Yudhistira.zip Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
Abstract
Sejak perkembangan Teknologi Informasi hingga saat ini banyak menghasilkan pembuat konten yang menarik mulai dari platform youtube hingga media sosial lainnya, serta menghadirkan konten yang bervariatif seperti game, edukasi, informasi, dan lainnya. Selain itu, ada pembuatan konten berbasis siaran langsung, yang secara langsung menyiarkan berbagai aktivitas, baik itu hanya mengobrol, bermain game, belajar dan konten lainnya. Jadi siaran langsung akhirakhir ini menjadi sangat populer di kalangan tertentu, dan tidak butuh waktu lama untuk mengeditnya. Biasanya, layanan streaming langsung menawarkan cara komunikasi yang berbeda. Dengan ini, pengguna dapat berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Namun sejak populernya Virtual Youtuber(VTUBER) pada tahun 2020 lalu menjadi sarana perlindungan Privasi yang sangat krusial di era Teknologi Informasi saat ini dalam pembuatan berbagai jenis konten di dunia maya yang menggunakan animasi sebagai pengganti dirinya sendiri. Dengan mulai dari sketsa awal hingga rigging karakter menggunakan Live2D lalu memasang Facial motion capture menggunakan SDK Opencv dan Dlib dan digabungkan kedalam unity serta menargetkan facial motion capture dengan karakter yang sudah di rigging. dengan penggunaan teknologi facial motion capture menggunakan unity engine yang membuat karakter dapat digerakan mengikuti pergerakan dari wajah konten kreator dan menghasilkan sebuah video yang menggunakan teknologi Live2D virtual youtube yang dapat digunakan oleh konten kreator untuk kreativitasnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Privasi, Virtual Youtuber, Live2D, Facial Motion Capture, Unity. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:24 | ||
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24787 |
Actions (login required)
View Item |